Oktora, Dina (2019) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan buku penunjang atau bahan ajar pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan pengembangan Plomp (Prelimenary Research, Development or Prototyping Phase, Assessment Phase). Instrumen yang digunakan adalah angket ahli materi, ahli bahasa, ahli media, respon pendidik, dan respon peserta didik. Subjek uji coba dalam penelitian adalah 28 orang peserta didik pada kelas VII SMPN 3 Kota Solok. Pengembangan media LKPD melalui tiga tahap. Tahap pertama Prelimenary Research yaitu: analisis kurikulum pada materi aritmatika sosial, buku pegangan yang belum memfasilitasi peserta didik. Tahap kedua Development or Prototyping Phase yaitu: penyusunan kerangka media, penyajian media secara sistematis, dan perencanaan instrumen, pembuatan produk, merevisi produk berdasarkan masukan ahli Tahap ketiga Assessment Phase yaitu: tahap uji coba produk. Berdasarkan analisis data diperoleh validasi angket ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa mencapai 85,70%, 78,33% dan 84%. Praktikalitas oleh peserta didik yang mencapai 90,94% dan pendidik 89,62%. Berdasarkan tahapan tersebut, maka dihasilkan LKPD yang sangat valid dan sangat praktis.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Inkuiri Terbimbing, Aritmatika Sosial.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 04:40 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 04:40 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/685 |
Actions (login required)
View Item |