Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Scaffolding pada Materi Lingkaran Kelas VIII (Uji Coba di SMPN 1 Lembang Jaya)

Afisha, Indri (2019) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Scaffolding pada Materi Lingkaran Kelas VIII (Uji Coba di SMPN 1 Lembang Jaya). skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi keterbatasan buku paket dan media pembelajaran di sekolah serta LKPD yang tidak lagi digunakan semenjak diadakan kurikulum 2013. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang menarik minat belajar peserta didik dan sangat praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan pengembangan Plomp (Prelimenary Research, Development or Prototyping Phase, Assessment Phase). Instrumen yang digunakan validasi adalah angket praktikalitas pendidik dan praktikalitas peserta didik. Subjek uji coba dalam penelitian adalah 23 orang peserta didik pada kelas VIII SMPN 1 Lembang Jaya. Uji validasi dilakukan oleh 9 validator yaitu terdiri dari 3 validator materi yang ahli dibidangnya, 3 orang validator media yang ahli dibidangnya, 3 orang validator bahasa yang ahli dibidangnya. Rata-rata 3 validator ahli materi 89,36% sangat valid, dan rata-rata validator ahli bahasa 93,99% sangat valid, serta validator media 89,43% sangat valid dan berdasarkan analisis data diperoleh praktikalitas oleh pendidik yang mencapai 90,94% sangat valid dan peserta didik yang mencapai 91,24% sangat valid. Berdasarkan tahapan tersebut, maka dihasilkan sebuah Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang valid dan sangat praktis.

Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Scaffolding, Validitas, Lingkaran.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Operator
Date Deposited: 21 Nov 2024 04:40
Last Modified: 21 Nov 2024 04:40
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/683

Actions (login required)

View Item View Item