Yetmi, Sri (2019) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMPN 1 Junjung Sirih. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena keterbatasan buku penunjang pembelajaran dan Lembar Kegiatan Peserta Didik tidak boleh diperjual belikan lagi di sekolah. Saat ini peserta didik juga diharapkan dapat mengaitkan konsep pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari sehingga lebih mudah untuk dipahami. Oleh sebab itu, dikembangkan LKPD berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi Bentuk Ajabar untuk peserta didik kelas VII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis CTL pada materi Bentuk Ajabar yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model Plomp. Validasi dilakukan oleh dua orang validator yaitu satu orang ahli materi dan satu orang ahli media. Uji coba dilakukan pada peserta didik kelas VII, SMPN 1 Junjung Sirih. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Validitas LKPD yang dihasilkan baik dari aspek isi materi, dan penyajian mencapai kriteria sangat valid dengan nilai 81,78% aspek media mencapai kriteria valid dengan nilai 80% serta praktikalitas oleh pendidik dengan nilai 95,26% dengan kriteria sangat praktis dan praktikalitas peserta didik 85.76% dengan kriteria sangat praktis. Kesimpulannya penelitian ini adalah telah dihasilkan LKPD matematika berbasis CTL pada materi bentuk aljabar untuk peserta didik kelas VII, SMPN 1 Junjung Sirih dengan kriteria sangat valid dan sangat praktis.
Kata Kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik, Contextual Teaching and Learning. Bentuk Aljabar.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 04:40 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 04:40 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/682 |
Actions (login required)
View Item |