Ravi, Muhammad (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Pop up Book pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII SMPN 4 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi karena keterbatasan buku penunjang atau bahan ajar pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran Pop up Book pada materi bangun ruang sisi datar yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development), dengan menggunakan pengembangan Ploomp (Prelimenary Research, Development or Prototyping Phase, Assessment Phase). Instrumen yang digunakan adalah angket ahli materi, ahli bahasa, ahli media, respon pendidik, dan respon peserta didik. Subjek uji coba dalam penelitian adalah 26 orang peserta didik pada VIII SMPN 4 Kota Solok. Pengembangan media Pop up Book melalui tiga tahap. Tahap pertama Prelimenary Research yaitu: analisis kinerja, kebutuhan dan konsep pada materi bangun ruang sisi datar. Tahap kedua Development or Prototyping Phase yaitu: penyusunan kerangka mediu, pemilihan bahan, penyusunan design instrumen penelitian, dan pembuatan produk serta merevisi produk berdasarkan masukan ahli validasi. Tahap ketiga Assessment Phase yaitu: tahap uji coba produk. Berdasarkan analisis data diperoleh validasi angket ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa mencapai 88,83%, 80% dan 86%. Praktikalitas oleh peserta didik yang mencapai 85,07% dan pendidik 93,7%. Berdasarkan tahapan tersebut, maka dihasilkan Pop up Book yang sangat valid dan sangat praktis.
Kata Kunci: Pop up Book, Bangun Ruang Sisi Datar.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 04:39 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 04:39 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/679 |
Actions (login required)
View Item |