Fatoni, Ilham (2019) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras di SMP Negeri 1 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal yaitu kebudayaan dapat dijadikan suatu pendekatan pembelajaran sehingga dapat berdasarkan pengalaman, peserta didik belum pernah menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras, peserta didik masih kesulitan dalam memahami materi yang disajikan dalam buku paket kurikulum 2013, Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model Plomp. Model ini terdiri atas 3 tahap, yaitu preliemenary Research, Development or prototype phase dan assasement phase. Uji validasi LKPD dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan pengisian angket respon pendidik dan peserta didik untuk uji praktikalitas. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Validitas LKPD Matematika yang dihasilkan baik dari aspek isi/materı, penyajian maupun bahasa mencapai kriteria sangat valid dengan rincian validasi oleh ahli materi 91,48%. validasi oleh ahli media 85,25%, validasi oleh ahli bahasa 85% serta praktikalitas oleh pendidik dengan nilai 86,29%, praktikalitas peserta didik 85,64% dengan kriteria sangat praktis. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah menghasilkan LKPD dengan Pendekatan Etnomatematika pada Materi Teorema Phytagoras di SMP Negeri 1 Kota Solok yang sangat valid dan sangat praktis.
Kata Kunci: LKPD, Etnomatematika, Phytagoras.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 04:39 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 04:39 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/678 |
Actions (login required)
View Item |