Rahmah, Ridhatun (2018) Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Media Class Photo di Kelas XI SMKN 3 Kota Solok Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena siswa kesulitan dalam menulis isi karangan deskripsi serta kurang tepat dalam menentukan tema karangan. Siswa kesulitan menuangkan gagasan atau ide dalam bentuk tulisan dan tidak begitu paham tentang yang harus ditulis. Siswa hanya bermain kata-kata dalam pikiran tanpa menuliskannya sehingga proses penulisan terasa sulit dan membutuhkan waktu yang lama. Kesulitan inilah yang membuat kemampuan menulis karangan deskripsi tergolong masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan deskripsi melalui media class photopada siswa kelas XI SMKN 3 Kota Solok Semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan metode pre-experimental one group pretest posttest design, karena masih terdapat variabel luar yang ikut berpengaruh terhadap terbentuknya variabel independen dan tidak adanya variabel kontrol. Teknik pengumpulan deta dilakukan dengan cara memberikan tes unjuk kerja kepada siswa yang menjadi sampel. Langkah-langkah antara lain peneliti menjelaskan kepada siswa mengenai materi yang akan dipelajari, siswa melakukan class photo, siswa diminta untuk menulis karangan deskripsi sesuai dengan media class photo yang diberikan, selanjutnya hasil karangan deskripsi siswa dikumpulkan sebagai data penelitan untuk diperiksa. Teknik analisis data yang dilakukan antara lain memeriksa hasil karangan siswa, memberi skor pada setiap indikator, mengklasifikasikan hasil tes siswa berdasarkan kriteria penilaian, mencatat skor yang diperoleh siswa, mengubah skor mentah menjadi nilai, mengelompokkan kemampuan siswa berdasarkan skala 10, mendeskripsikan kemampuan menulis deskripsi siswa berdasarkan rata-rata nilai dan mendeskripsikan keraampuan menulis deskripsi siswa sebelum dan setelah menggunakan media class photo dengan menggunakan uji t. Perbedaan nilai rata- rata menulis karangan deskripsi siswa sebelum menggunakan media class photo yaitu 64,2. Setelah menggunakan media class photo, nilai rata-rata menulis karangan deskripsi siswa meningkat menjadi 85,9. Hasil perhitungan didapat t hitung = 5,89 dan tabel 1,68, maka dapat dikatakan bahwa thitung label sehingga hipotesis diterima. Kesimpulan dalam penelitian ini terdapat peningkatan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa sebelum dan setelah menggunakan media class photo di kelas XI Tahun Pelajaran 2018/2019 SMK Negeri 3 Kota Solok.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 04:38 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 04:38 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/648 |
Actions (login required)
View Item |