Ramadhani, Suci (2019) Pemerolehan Semantik Pada Anak Autis Di Sekolah Khusus Autisme YPPA Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena anak autis mengalami keterlambatan pada saat berkomunikasi. Mereka mengalami kesulitan pada saat melafalkan ejaan, dan menggunakan kosakata. Karena pada kenyataannya anak autis lemah dalam pemahaman bahasa pada saat berkomunikasi serta mengalami hambatan yang berat dalam penguasaan bahasa atau bicara. Kesulitan ini disebabkan karena anak autis mengalami gangguan berbahasa baik verbal maupun nonverbal, Fajar Aslim termasuk pada bagian anak gifted karena Fajar merupakan anak yang mernpunyai intelegensi yang mirip dengan intelegensi super atau genius, namun ada beberapa perilaku yang mirip dengan autisma. Berdasarkan hal ini skripsi ini meneliti tentang pemerolehan semantic anak autis di sekolah khusus autisma YPPA Kota Solok. Oleh sebab itu, penelitian terhadap Anak Autis di Sekolah Khusus Autisma YPPA Kota Solok penting dilakukan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemerolehan semantic pada anak autis di Sekolah Autis YPPA Kota Solok
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dalanı penelitian ini dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Meminta persetujuan dari sekolah dan guru untuk melakukan penelitian pada kelas tersebut, (2) Menyiapkan alat rekam seperti Handphone untuk merekam ujaran anak autis, (3) Peneliti bertindak langsung dalam melakukan proses perekaman (4) Merekam secara langsung dan mencatat ujaran anak autis. Analisis data penelitian yaitu (1) Ujaran yang telah direkam, diputar kembali untuk diperdengarkan, (2) mentranskipkan bahasa lisan ke bahasa tulis, (3) menggarisbawahi data dan member pengkodean berdasarkan jenis pemerolehan bahasa, (4) mengklasifikasikan data ke dalam format tabel yang terdapat pada instrumen penelitian, (5) menganalisis data tuturan anak autis, (6) memberikan kesimpulan terhadap analisis data berupa tuturan anak autis.
Hasil penelitian pemerolehan semantik pada anak autis terdapat 109 data. yaitu (1) Tahap penyempitan makna terdapat 7 data. (2) tahap generalisasi berlebihan terdapat 20 data, (3) tahap medan semantik terdapat 16 data, dan (4) tahap generalisas terdapat 66 data Dapat disimpulkan bahwa anak autis yang bernama Fajar Aslim banyak ditemukan tuturan yang terdapat pada tahap generalisasi. Pada pemerolehan semantik pada anak usia 19 tahun tergolong lamban akın tetapi malina kata yang diucapkannya dapat dimengerti oleh orang lain
Kata kunci: Pemerolehan semantik, anak autis
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 04:38 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 04:38 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/642 |
Actions (login required)
View Item |