Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Pada SMPN 2 KUBUNG Berbasis Website

Yaldita, Dzakya Tsary (2023) Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Pada SMPN 2 KUBUNG Berbasis Website. tugas akhir thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text (TUGAS AKHIR)
TA DZAKYA PERPUS.docx

Download (9MB)

Abstract

Penerimaan siswa baru adalah salah satu proses yang biasa dilakukan setiap tahunnya di lembaga pendidikan seperti sekolah. Penerimaan siswa baru berguna untuk menyaring calon siswa yang terpilih untuk menjadi siswa didiknya. Dalam penelitian ini proses penerimaan siswa baru pada SMP Negeri 2 Kubung masih dilakukan secara konvensional yaitu orang tua murid harus datang ke sekolah untuk mendaftarkan anaknya serta mengisi berbagai formulir dan kelengkapan data yang diperlukan dan masih terkomputerisasi dimana data siswa tersimpan didalam Ms.Excel, yang memungkinkan banyak kesalahan data, penumpukan berkas dan kehilangan data. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membangun serta mengembangkan sistem informasi penerimaan SMP Negeri 2 Kubung. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan metode pustaka. Sistem informasi penerimaan siswa baru dibangun dengan bahasa pemrograman PHP serta memanfaatkan database MySQL sebagai database server. Hasil dari penelitian ini adalah sistem informasi penerimaan siswa baru berbasis web yang memiliki kemampuan keakuratan data serta kemudahan bagi orang tua dan calon siswa baru untuk memperoleh informasi tentang sekolah.

Kata Kunci : Website, Informasi, Penerimaan

Item Type: Thesis (tugas akhir)
Subjects: Ilmu Komputer > Algoritma
Ilmu Komputer > Ilmu Komputer (General)
Ilmu Komputer > Pemrograman Komputer
Ilmu Komputer > Sistem Informasi Manajemen
Ilmu Komputer > Sistem Operasi
Ilmu Komputer > System Programming
Divisions: Fakultas Ekonomi > DIII Manajemen Informatika
Depositing User: Dzakya Tsary Yaldita
Date Deposited: 31 Oct 2023 13:51
Last Modified: 31 Oct 2023 13:51
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/619

Actions (login required)

View Item View Item