PENILAIAN KINERJA GURU DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH PANINGGAHAN KABUPATEN SOLOK

Mustika, Mega (2022) PENILAIAN KINERJA GURU DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH TARBIYAH ISLAMIYAH PANINGGAHAN KABUPATEN SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam penilaian kinerja guru, guru kesulitan mengaitkan SK/KD dengan RPP yang dibuat, dan masih ada guru yang tidak dapat menguasai materi ajar, ini terlihat dari sebagian guru yang masih memegang buku saat mengajar, kemudian belum ada interaksi yang baik antara siswa dengan guru, hal ini terbukti dari saat guru menjelaskan, siswa sibuk dengan kegiatan yang lain, seperti mengobrol dengan teman dan keluar masuk kelas, dalam supervisi Kepala Sekolah, ada sebagian guru yang belum mampu menyusun rencana pembelajaran dengan baik dan belum mampu mengajar dengan baik. Hal ini disebabkan karena belum maksimalnya pengarahan yang diberikan oleh Kepala Sekolah kepada majelis guru tentang penyusunan rencana pembelajaran dan cara mengajar yang baik. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan penilaian kinerja guru dan untuk mengetahui pelaksanaan supervisi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, temuan umum penelitian yaitu terdapat 19 orang guru dan 118 orang siswa. Dan temuan khusus penelitian yaitu terdapat masih kurangnya kemampuan sebagian guru dalam menyusun rencana pembelajaran terutama dalam menggunakan komputer atau laptop, dan masih kurangnya kemampuan sebagian guru dalam mengelola kelas dengan baik, karena guru belum bisa mengembangkan media dan metode pembelajaran yang tepat, ada sebagian guru yang memiliki materi pelajaran yang banyak sehingga waktu yang telah ditetapkan tidak cukup untuk menjelaskan materi kepada siswa pada saat pembelajaran. Ada sebagian guru yang kurang memahami materi yang mereka sampaikan kepada siswa sehingga hal ini berdampak pada pelaksanaan supervisi kepala sekolah. Hal tersebut dikarenakan ada sebagian guru yang belum siap membuat perangkat pembelajaran, baik dari segi media, metode dan penguasaan materi. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan yang terjadi, Kepala Sekolah mengadakan lokakarya atau workshop dengan mendatangkan tenaga ahli dalam menyusun perangkat pembelajaran, Supervisor meninjau secara langsung kesiapan perangkat pembelajaran yang dibuat oleh guru mata pelajaran dengan cara memanggil guru yang bersangkutan.

Kata Kunci: Penilaian Kinerja Guru dan Supervisi Kepala Sekolah

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:50
Last Modified: 05 Jul 2023 03:50
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item