Angraini, Yuli (2020) Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Siswa Yang Diberikan Guru Dan Kebiasaan Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Tujuan penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kota Solok. Hal ini diduga karena rendahnya Motivasi Ekstrinsik Siswa yang diberikan Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, 1)Pengaruh Motivasi Ekstrinsik Siswa yang diberikan Guru terhadap Hasil Belajar IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Solok, 2) Pengaruh Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Hasil belajar IPS Kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Solok, 3) Pengaruh Motivasi Ekstrinsik siswa yang diberikan Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPS kelasVIII di SMP Negeri 3 Kota Solok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Solok, yaitu sebanyak 144 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan total samping dengan perhitungan total sampling, yang di ambil dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 kota Solok, yang berjumlah 144 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi liner berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Terdapat pengaruh yang positif antara Motivasi Ekstrinsik Siwa yang diberikan Guru terhadap Hasil Belajar IPS, dimana diperoleh thitung>ttabel = yaitu (1,127 > 1.65550.2 ) tidak pengaruh secara parsial antara Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar IPS, dimana diperoleh thitung ttabel= yaitu( -, 036<1.65550.3) Tidak Terdapat pengaruh signifikan Motivasi Ekstrinsik Siswa yang diberikan Guru dan KebiasaanBelajar Siswa terhadap Hasil Belajar siswa. Dimana motivasi Ekstrinsik Siswa yang diberikan Guru mempunyai nilai sebesar (3.641<3.91) sedangkan nilai Fhitung<Ftabel. Sehingga tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Motivasi Ekstrinsik Siswa yang diberikan Guru dan Kebiasaan Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 3 Kota Solok dengan taraf signifikan a=5%.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan. Saran dalam penelitian ini yaitu agar guru mampu memberikan motivasi Ekstrinsik siswa yang diberikan Guru yang tepat kepada siswa sebagai alat yang mampu memberikan hasil belajar yang lebih baik untuk siswa sehingga hasil belajar yang diperoleh siswa lebih baik, Kebiasaan belajar siswa menjadikan motivasi yang diberikan guru sebagai pendorong terhadap semangat belajar dan diharapkan siswa menumbuhkan kebiasaan belajar yang baik sehingga hasil belajar yang diharapakan dapat tercapai.
Kata kunci: Motivasi Ekstrinsik Guru, Kebiasaan Belajar Siswa, Hasil Belajar IPS.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 02:57 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 02:57 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/520 |
Actions (login required)
View Item |