Delvina, Nofia (2019) Implementasi Standar Proses Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII Di SMP Negeri 2 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis standar proses kurikulum 2013 dalam mata pelajaran IPS dilihat dari 3 (tiga) aspek, yaitu 1) proses perencanaan pembelajaran, 2) proses pelaksanaan pembelajaran, 3) proses penilaian. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data 1) mereduksi data, 2) penyajian data, dan 3) menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendidik telah memiliki dokumensilabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang disusun dan dikembangkan secara mandiri dalam kelompok majelis pendidik IPS, pendidik kesulitan dalam mengalokasikan waktu pembelajaran dengan materi ajar yang akan disampaikan, ketersediaan buku paket kurang lengkap yang dibutuhkan dalam pelaksanaan pembelajaran, 2) Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan, pendidik belum menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pada kegiatan inti, pendidik belum scpenuhnya memfasilitasi peserta didik menggunakan pendekatan saintifik. Pelaksanaan pembelajaran masih belum menggunakan metode, media dan sumber yang bervariasi. Kegiatan penutup, pendidik belum sepenuhnya menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran untuk pertemuan berikutnya, 3) Penilaian proses dan hasil pembelajaran, pendidik belum sepenuhnya melakukan penilaian secara langsung terhadap proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian iri yaitu pada perencanaan pembelajaran pendidik kesulitan dalam mengalokasikan waktu pembelajaran dengan materi ajar yang akan disampaikan. Selain itu, buku paket yang digunakan masih kurang lengkap. Pada kegiatan pendahuluan pendidik belum menjelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Pada kegiatan inti pendidik belum sepenuhnya menggunakan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi peserta didik dalam belajar, pendidik masih belum menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi. Pendidik belum sepenuhnya menggunakan sumber belajar yang bervariasi. Pada kegiatan penutup, pendidik belum sepenuhnya menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya. Pendidik belum melakukan penilaian secara langsung terhadap proses pembelajaran dikarenakan penilaian yang dilakukan banyak. Pendidik dalam membutuhkan waktu dan tenaga dalam penilaian selain itu pendidik juga harus membedakan masing-masing dari karakteristik peserta didik. Kata kunci : Standar Proses, Kurikulum 2013, Pendidik Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 07:00 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 07:00 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/511 |
Actions (login required)
View Item |