Analisis Kompetensi PEDAGOGIK Guru Bersertifikasi Di SMP Negeri 2 Kota Solok

Ramayana, Nisha (2019) Analisis Kompetensi PEDAGOGIK Guru Bersertifikasi Di SMP Negeri 2 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar Belakang masalah dari penelitian ini adalah 1) sebagian besar guru di SMP Negeri 2 Kota Solok tidak memahami karakteristik siswa, 2) guru tidak menguasai teoridanprinsip belajar, 3) banyaknya guru yang tidak paham akan pemanfaatan teknologi, 4) guru tidak melakukan tindakan reflektif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisa bagaimanana Kompetensi Pedagogik Guru Bersertifikasi di SMP Negeri 2 Kota Solok. Jenis dari penelitian ini adalah Mixed Methodology. Sampel penelitian ini adalah seluruh guru sertifikasi berjumlah 38 orang. Untuk mengumpulkan data, penulis melakukan observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif.

Adapun hasil dari penelitian ini diketahui bahwa rata-rata indikator kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 2 Kota Solok tergolong cukup (77%). Berdasarkan data kuantitatif, indikator kompetensi pedagogik; yaitu 1) menguasai karakteristik siswa dari aspek fisik, moral, sosial, kultural, emosional, dan intelektual dalam kategori baik (81%), 2) menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dalam kategori cukup (78%), 3) mengembangkan kurikulum yang terkait dengan bidang pengembangan yang diampuni dalam kategori cukup (65%), 4) menyelenggarakan kegiatan pengembangan yang mendidik dalam kategori baik (81%), 5) memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam kategori cukup (65%), 6) berkomunikasi secara efektif, empatik, dan santun dengan siswa, Menyelenggarakan penilaian dalam kategori baik (83%), 7) evaluasi proses dan hasil belajar dalam kategori baik (83%), 8) memanfaatkan hasil penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran dalam kategori baik (79%), 9) melakukan tindakan reflektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dalam kategori cukup (78%). Berdasarkan temuan data kualitatif, 1) guru membiarkan masa pubertas siswa karena guru berfikir bahwa orang tua mereka seharusnya lebih berperan pada masa masa ini dibandingkan mereka, 2) guru jarang memberikan tugas berupa proyek kepada siswa disebabkan siswa yang malas mambuat dan mengumpulkan tugas proyek tersebut, 3) guru tidak melakukan pengembangan materi disebabkan guru telah beranggapan buku yang disediakan sekolah sudah lengkap, 4) guru tidak menggunakan media pada pembelajaran disebabkan kurang aktifnya guru untuk menyiapkan media dalam pembelajaran dan banyaknya guru yang sudah tua sehingga kurang paham teknologi, 5) guru jarang mengajak siswa untuk belajar di labor disebabkan kurangnya labor yang ada di sekolah, 6) pada saat penyampaian materi guru tidak menguasai materi disebabkan materi yang banyak dan guru yang sudah tua, dan 7) guru tidak melakukan tindakan reflektif seperti melakukan tes lisan pada akhir pembelajaran dikarenakan waktu yang tidak cukup untuk melakukan tes tersebut. Berdasarkan penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat meningkatkan kompetensinya terutama kompetensi pedagogik agar dalam pembelajaran lebih aktif, kreatif dan menyenangkan dan untuk Kepala Sekolah lebih giat lagi melakukan pengembangan lagi terhadap guru yang masih lemah dalam kompetensi pedagogiknya.

Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Guru Bersertifikasi

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:55
Last Modified: 04 Jul 2023 06:55
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item