Firma Utami, Destria (2019) Pengaruh Penerimaan Sertifikasi Guru Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 2 Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya guru yang menerima sertifikasi tapi kinerja guru masih rendah, yang dapat dilihat dari berbagaifaktor yang menyebabkan randahnya kinerja guru sehinga akan berdampak pada kualitas kinerja guru tersebut. Dapat dilihat dalam beberapa kasus yang terjadi pada guru, yakni kurangnya komunikasi guru dengan lingkungan sekitarnya terutama pada peserta didik yang mengakibatkan kurangnya minat peserta didik untuk belajar bersama guru tersebut, selain komunikasi dengan peserta didik juga dengan tenaga pendidik yang lain dan karyawan yang ada di sekolah tersebut, akibatnya guru tersebut diangap kurang bergaul dengan lingkungan sekitar. Selain itu masih kurangnya pengetahuan para guru tentang kompentensi-kompentensi wajib yang harus dimiliki seorang guru, terutama guru yang menerima sertifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sebarapa besar pengaruh penerimaan sertifikasi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 Kota Solok
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian yang melibatkan pengumpulan data guna menentukan apakah ada pengaruh dan tingkat hubungan antara dua variabel atau lebih. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang menerima sertfikasi. Pengambilan sampel diambil secara total sampling (secara keseluharan) yakni sebanyak 51 orang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penerimaan sertifikasi guru dengan kinerja guru. Dimana thitung sebesar 4,260 > ttabel 1,65728. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara penerimaan sertifikasi guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri 2 kota solok.
Kesimpulan diharapkan guru bisa lebih meningkatkan lagi kompentensikompentensi yang harus dimiliki oleh guru terutama guru yang menerima sertifikasi. Yaitu kompentensi pedagogik, kompentensi sosial, kompentensi profesional, kompentensi kepribadian, serta meningkatkan kualitas kerja, kecepatan/ketepatan kerja, inisiatif dalam bekerja, kemapuan kerja dan komunikasi. Dan juga diharapkan bagi sekolah untuk dapt menewasi kinerja guru dalam rangka mrningkatkan mutu pendidikan yang ada di indonesia.
Kata Kunci: penerimaan sertifikasi guru dan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jul 2023 06:41 |
Last Modified: | 04 Jul 2023 06:41 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/508 |
Actions (login required)
View Item |