Dirma, Elvia (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI POLA BILANGAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Text
Pendidikan Matematika 2022 elvia dirma.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
Text
Pendidikan Matematika 2022 elvia dirma_removed.pdf Download (379kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang dijadikan sebagai penyebab kenapa sebagian siswa belum secara maksimal memahami konsep pada pelajaran matematika khususnya dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan, antara lain: peserta didik masih pada tahap belajar, peserta didik cederung bingung dalam menyelesaikan soal pola bilangan, dan siswa masih kurang berlatih soal. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berinisiatif melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep dalam menyelesaikan soal pada materi pola bilangan pada peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Kota Solok Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif . Subjek penelitian yaitu sebanyak 27 orang dimana 6 orang peserta didik kelas VIII SMP negeri 5 kota solok dipilih berdasarkan hasil tes kemampuan matematikanya untuk wawancara. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa tes tertulis dan wawancara. Tes terulis berupa soal-soal pemahaman konsep yang berjumah 10 butir soal berbentuk uraian dan 1 butir soal untuk 6 subjek siswa yang akan diwawancarai guna untuk lebih mendalami pemahaman konsep siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan kemampuan pemahaman konsep masih sangat kurang hanya menggunakan informasi berupa angka yang terdapat dalam soal saja, namun tidak dapat memanfaatkan prosedur atau operasi tertentu dalam algoritma pemecahan masalah. Hasil persentase indikator pemahaman konsep tidak terlalu jauh. Indikator pemahaman konsep matematika siswa pada materi pola bilangan yang lebih menonjol adalah pemahaman konsep indikator satu. Sedangkan tiga indikator terendah adalah indikator lima , enam, dan tujuh. Hal ini karena indikator lima, enam dan tujuh memiliki tingkatan yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan keempat indikator lainnya. Berdasarkan hasil penelitian dari tujuh indikator soal didapatkan kemampuan pemahaman konsep peserta didik dari 27 peserta didik terdapat 7 orang peserta didik dengan kemampuan tinggi dengan rata rata 80,60 dengan kriteria baik 17 orang dengan kriteria sedang 69,05 dengan kriteria cukup,kemampuan rendah 53,00 dengan kriteria rendah.
Kata kunci : Analisis,Kemampuan Pemahaman Konsep, dan Pola Bilangan
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id |
Date Deposited: | 29 May 2023 03:10 |
Last Modified: | 29 May 2023 03:10 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/410 |
Actions (login required)
View Item |