Yumeigi Monica, Reisty (2022) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR DENGAN METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VII SMP N 2 KOTA SOLOK TAHUN PELAJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan menulis siswa dalampembelajaran teks prosedur dengan metode demonstrasi. Penelitian ini disebabkankarena motivasi belajar siswa yang meningkat dengan metode pembelajaran yangbersifat aktif dan presentatif seperti metode pembelajaran demonstrasi. Hal iniselaras dengan observasi dan wawancara yang peneliti lakukan dengan salahseorang guru mata pelajaran bahasa Indonesia SMP N 2 Kota Solok pada 25 November 2021.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan kemampuan menulis teks prosedur dengan metode pembelajaran demonstrasi siswa kelas VII semester II tahun pelajaraan 2021/2022 SMP N 2 Kota Solok. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Kota Solok kelas VII. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Data penelitian ini diperoleh menggunakan tes unjuk kerja, yaitu menentukan struktur dan kaidah/aspek kebahasaan teks prosedur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini: (1) kegiatan pertama, guru menjabarkan materi tentang teks prosedur, (2) guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai teks prosedur, (3) guru mengatur tempat duduk siswa sehingga siswa dapat memperhatikan dengan jelas materi teks prosedur yang akan guru demonstrasikan, (4) guru menyajikan sebuah teks prosedur (berjudul membuat teh manis) yang didemontrasikan sebagai latihan, (5) guru menyajikan satu teks prosedur yang (judul mematikan komputer (laptop) dengan benar) dengan demontrasi yang berbeda untuk pengumpulan data, dan (6) siswa memperhatikan serta menuliskan apa yang mereka lihat ketika guru mendemonstrasikan suatu teks prosedur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kemampuan menulis teks prosedur dengan metode demonstrasi siswa berdasarkan struktur teks prosedur adalah 79,35 dengan kualifikasi baik serta kaidah kebahasaan adalah 74,4 dengan kualifikasi lebih dari cukup. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan di bab IV, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis teks prosedur dengan metode demonstrasi siswa kelas VII SMP N 2 Kota Solok Tahun Pelajaran 2021/2022 adalah 76,40 dengan kualifikasi baik (B).
Kata Kunci: Kemampuan Menulis, Metode Demonstrasi, Teks Prosedur
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Admin Pustaka |
Date Deposited: | 29 May 2023 02:56 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 07:14 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/408 |
Actions (login required)
View Item |