PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TABUNGAN, CITRA PERBANKAN DAN PERSEPSI MENGENAI SUKU BUNGA SIMPANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG (Studi Kasus pada Bank BRI Unit Selayo)

Yolanda, Nia (2022) PENGARUH PENGETAHUAN PRODUK TABUNGAN, CITRA PERBANKAN DAN PERSEPSI MENGENAI SUKU BUNGA SIMPANAN TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG (Studi Kasus pada Bank BRI Unit Selayo). skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
Akuntansi 2022 NIA YOLANDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
Akuntansi 2022 NIA YOLANDA_removed.pdf

Download (293kB) | Preview

Abstract

Bank BRI Unit Selayo merupakan salah satu unit kerja BRI. Bank BRI Unit Selayo selalu berusaha dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada nasabahnya agar merasa puas dengan pelayanan yang diberikan. Dari wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadapat beberapa nasabah di Bank BRI Unit Selayo, alasan untuk menabung di Bank BRI Unit Selayo adalah karena Bank BRI adalah bank milik pemerintah sehingga nasabah merasa aman, adanya rasa kepercayaan nasabah terhadap bank, pembukaan rekening mudah dan praktis, banyak melakuan undian sehingga memiliki peluang hadiah, mimiliki kantor yang tersebar di seluruh Indonesia hingga ke pelosok, produk yang ditawarkan banyak, keuntungan bunga jika memiliki tabungan. Jenis penelitian ini penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa kuesioner yang disebar dan diisi oleh Nasabah BRI Unit Selayo. Populasi penelitian ini adalah Nasabah yang memiliki simpanan di Bank BRI Unit Salayo dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang.
Hasil uji menunjukkan bahwa pengetahuan produk tabungan tidak berpengaruh terhadap keputusan menabung dibuktikan dengan menggunakan t hitung 0,571 < nilai t tabel 1,98638 dan signifikan 0,101 < 0,05. Citra Perbankan berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan t hitung 3,618 > nilai t tabel 1,98638 dan signifikan 0,0000 < 0,05. Persepsi mengenai suku bunga simpanan berpengaruh terhadap keputusan menabung dengan t hitung 4,508 > nilai t tabel 1,98638 dan signifikan 0,000 < 0,05. Hasil menunjukkan bahwa pengetahuan produk tabungan, citra perbankan dan persepsi mengenai suku bunga simpanan secara simultan memiliki pengaruh terhadap keputusan menabung dibuktikan dengan menggunakan F hitung sebesar 15,100 > F tabel 2,70 dengan tingkat signifikasi 0,000 oleh karena probabilitas jauh lebih kecil dari pada 0,05.

Kata kunci: Pengetahuan produk tabungan, citra perbankan, persepsi mengenai suku bunga simpanan dan keputusan menabung

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > Manajemen dan Ilmu yang Berkaitan > Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 16 May 2023 09:09
Last Modified: 16 May 2023 09:09
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/364

Actions (login required)

View Item View Item