Penerapan Algoritma K-Means Pada Pemetaan Kemampuan Penggunaan Teknologi Informasi Remaja dan Dewasa di Indonesia

Handayani, Reti Penerapan Algoritma K-Means Pada Pemetaan Kemampuan Penggunaan Teknologi Informasi Remaja dan Dewasa di Indonesia. [Artikel Dosen]

[img]
Preview
Text (Artikel November 2022)
Handayani-9Artikel nov 2022.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Akses ke berbagai bentuk teknologi dianggap menjadi penting saat ini di Indonesia. Hal ini karena jika pemerintah tidak bergerak cepat untuk membuat teknologi lebih ramah pengguna, kesenjangan keterampilan akan teknologi informasi akan terus melebar. Menurut PISA, ada kemungkinan bahwa lembaga pendidikan dapat mengambil manfaat lebih banyak dari penggunaan teknologi informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan tingkat keahlian teknologi informasi yang signifikan antar berbagai provinsi di Indonesia. Perhitungan klasterisasi menggunakan data resmi Badan Pusat Statistik tahun 2019-2021 dengan data jumlah remaja dan dewasa usia 15-59 tahun yang memiliki keterampilan di bidang Teknologi Informasi dan Komputer (TIK) di tingkat provinsi. Sebagai salah satu metode pada unsupervised learning, algoritma K-Means digunakan agar data set dapat diorganisasikan ke dalam kelompok dengan item lain yang sebanding dengannya. Hasil penelitian menunjukkan nilai DBI paling rendah yaitu -0,357pada kluster ketujuh sehingga menjadi terbaik dari tiga kluster lainnya. Rata-rata persentase penduduk di kluster nol yang memiliki kemampuan di bidang teknologi informasi hanya 29,32 persen, sehingga menjadi kluster dengan persentase terendah secara keseluruhan. Kluster nol ini hanya dapat ditemukan di Provinsi Papua.

Item Type: Artikel Dosen
Subjects: Ilmu Komputer > Ilmu Komputer (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > DIII Manajemen Informatika
Depositing User: Reti Handayani
Date Deposited: 09 Apr 2023 15:56
Last Modified: 09 Apr 2023 15:56
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/317

Actions (login required)

View Item View Item