Susanti, Wesi (2016) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Reciprocal Teaching disertai Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA (Biologi) Siswa Kelas VII SMPN 1 Junjung Sirih. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru masih kurang bervariasi, serta kurangnya keaktifan dan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran karena metode yang digunakan berbasis ceramah, siswa belum terlibat secara aktif dalam proses pembelajaran, aktivitas belajar siswa belum optimal dan kurangnya minat baca siswa. Model pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa dalam belajar adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperative Reciprocal Teaching disertai media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe Reciprocal Teaching disertai media gambar lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe Reciprocal Teaching tanpa disertai media gambar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Junjung Sirih yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperative Reciprocal Teaching disertai media gambar dari pada hasil belajar siswa kelas VII SMPN 1 Junjung Sirih yang menggunakan model pembelajaran kooperative Reciprocal Teaching tanpa disertai media gambar. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian Randomized Control Group Only One Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN I Junjung Sirih yang berjumlah 5 (lima) kelas jumlah siswa 125 orang dimana kelas VII B merupakan kelas unggul. Teknik pengambilan sampel secara Random Sampling didapat kelas VII C sebagai kelas eksperimen jumlahnya 24 orang dan VII A sebagai kelas kontrol jumlah siswanya 24 orang. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menngunakan uji-t diperoleh thitung = 2,02 dan tabel =2,06. Karena thitung>tStabel maka hipotesis diterima pada selang kepercayaan 95%. Berarti Hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperative Reciprocal Teaching disertai media gambar lebih tinggi dibandingkan hasil belajar biologi menggunakan model pembelajaran kooperative Reciprocal Teaching tanpa disertai media gambar.
Kata Kunci : Reciprocal Teaching, Media Gambar, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ammhi Kumhala |
Date Deposited: | 07 Apr 2023 03:48 |
Last Modified: | 07 Apr 2023 03:48 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/259 |
Actions (login required)
View Item |