SMA/MA Kelas X pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 3 Kota Solok

Nanda Utari, Cyndi (2016) SMA/MA Kelas X pada Materi Keanekaragaman Hayati di SMAN 3 Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pembelajaran biologi guru jarang memfasilitasi siswa untuk dapat berpikir kritis. Hal ini terlihat dari pembelajaran yang cenderung menggunakan metode ceramah serta cenderung membiasakan anak untuk menghafal tanpa memahami materi secara mendalam. Ini tentu saja tidak boleh dibiarkan karena ilmu biologi bukanlah ilmu hafalan seperti yang tergambar dalam pikiran siswa selama ini, melainkan ilmu dasar yang membutuhkan pemahaman dalam proses mempelajarinya, termasuk materi keanekaragaman hayati. Salah satu cara yang dapat membantu siswa dalam memahami materi ini adalah dengan mengembangkan media pembelajaran biologi. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran berupa meida cerpen yang valid dan praktis pada materi keanekaragaman hayati.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate, namun dalam penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa, analisis tugas dan analisis tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan perancangan media pembelajaran berupa media cerpen. Pada tahap develop dilakukan uji validasi media cerpen terhadap 3 orang validator dan uji praktikalitas media cerpen terhadap guru dan siswa di SMAN 3 Kota Solok kelas X1. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah data uji validitas dan uji praktikalitas media cerpen yang dihasilkan, serta respon siswa terhadap penggunaan media cerpen tersebut.

Penelitian ini telah dihasilkan media cerpen dengan hasil uji validitas termasuk kategori valid, baik dari aspek isi, materi, dan bahasa sedangkan hasil uji praktikalitas termasuk kategori praktis ditinjau dari segi kemudahan pemakaian, kemampuan meningkatkan keaktifan siswa, dan kesesuaian dengan alokasi waktu pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media cerpen dalam materi keanekaragaman hayati yang dikembangkan sudah valid dan praktis.

Kata Kunci : Pengembangan, Cerpen Biologi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2023 03:49
Last Modified: 07 Apr 2023 03:49
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/257

Actions (login required)

View Item View Item