Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Kooperatione STAD tentang Materi Sistem Regulasi untak Siswa Kelas XI IPA SMA

Floresia, Loren (2016) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi dengan Model Kooperatione STAD tentang Materi Sistem Regulasi untak Siswa Kelas XI IPA SMA. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam pembelajaran biologi guru jarang memfasilitasi siswa untuk dapat berpikir kritis. Hal ini terlihat dari pembelajaran yang cenderung menggunakan metode ceramah serta materi pendukung seperti bahan ajar, RPP dan alat evaluasi yang cenderung membiasakan anak untuk menghafal tanpa memahami materi secara mendalam. Hal ini tentu saja tidak boleh dibiarkan karena ilmu biologi bukanlah ilmu hafalan seperti yang tergambar dalam pikiran siswa selama ini, melainkan ilmu dasar yang membutuhkan pemahaman dalam proses mempelajarinya, termasuk materi sistem regulasi. Salah satu cara yang dapat membantu siswa dalam memahami materi ini adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran biologi. Pada penelitian ini perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, bahan ajar dan alat evaluasi. Berdasarkan hal tersebut telah dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid dan praktis pada materi sistem regulasi.

Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D yaitu define, design, develop dan disseminate, namun dalam penelitian ini tahap disseminate tidak dilakukan. Pada tahap define dilakukan analisis kebutuhan, analisis siswa dan analisis tugas. Pada tahap design dilakukan perancangan perangkat pembelajaran. Pada tahap develop dilakukan uji validasi perangkat pembelajaran terhadap 3 orang validator dan uji praktikalitas perangkat pembelajaran terhiadap guru dan siswa di SMAN 1 X Koto Singkarak kelas XI IPA3. Data yang dikumpulkan dari penelitian ini adalah data uji validitas dan uji praktikalitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan, serta respon siswa terhadap pelaksanaan perangkat pembelajaran tersebut.

Pada penelitian ini telah dihasilkan perangkat pembelajaran dengan hasil uji validitas termasuk kategori valid, baik dari aspek isi, materi, dan bahasa sedangkan hasil uji praktikalitas termasuk kategori praktis ditinjau dari segi kemudahan pemakaian, kemampuan meningkatkan keaktifan siswa, dan kesesuaian dengan alokasi waktu pembelajaran, Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dalam materi sistem regulasi yang dikembangkan sudah valid dan praktis,

Kata Kunci: Pengembangan, Perangkat Pembelajaran Biologi, Model Kooperativ Tipe STAD

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2023 03:49
Last Modified: 07 Apr 2023 03:49
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/256

Actions (login required)

View Item View Item