Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Think Pair Share (TPS) Disertai Teka-Teki Silang terhadap Hasil BelajarBiologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok.

Arice, Misra (2016) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Think Pair Share (TPS) Disertai Teka-Teki Silang terhadap Hasil BelajarBiologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pelajaran biologi dalam kelas. Pembelajaran banyak menggunakan metode ceramah, sehingga siswa kurang semangat dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan siswa banyak duduk, diam, dengar, catat dan hafal, siswa kurang berpartisipasi dalam kegiatan pembelajaran yang cenderung menjadikan siswa cepat bosan dan malas belajar. Salah satu cara memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperative Think Pair Share (TPS) disertai Teka-teki Silang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran kooperative TPS disertai Teka-teki Silang terhadap hasil belajar siswa pada materi Zat Aditif dan Zat Adiktif-Psikotropika di kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 4 Kota Solok Tahun Pelajaran 2015/2016. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran kooperativ tipe TPS disertai Teka-teki Silang terhadap hasil belajar siswa pada materi zat adiktif-psikotropika di kelas VIII Semester 1 SMP Negeri 4 Kota Solok Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 190 orang. Menjadi sampel yaitu siswa VIIID sebagai kelas eksperimen dengan siswa 28 orang dan VIIIc sebagai kelas kontrol dengan jumlah 27 orang. Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperoleh thitung = 2,28 dan trabel = 1,67 ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95 %. Dapat disimpulkan bahwa terdapat vengaruh nyata penerapan model pembelajaran kooperative TPS disertai Teka-teki Silang terhadap hasil belajar siswa pada materi zat adiktif-psikotropika di kelas VIII Semester I SMP Negeri 4 Kota Solok Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan materi pokok Zat Aditif dan Zat Adiktif-Psikotropika.

Kata Kunci: TPS disertai Teka-teki Silang

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 01 Apr 2023 03:55
Last Modified: 01 Apr 2023 03:55
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item