Pratama, Dapit (2016) Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa Emotional Spritual Quetient (ESQ) Pada Materi Perubahan Lingkungan Untuk Siswa SMA/MA. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Proses pembelajaran diarahkan agar dapat mengembangkan segenap potensi siswa. Potensi tersebut meliputi potensi spiritual, emosional, dan intelektual. Saat ketiga potensi ini berhasil dikembangkan maka hasil pembelajaran akan optimal. KI dan KD dalam Kurikulum 2013 juga disusun agar dapat mengembangkan ketiga potensi ini. Salah satu upaya memaksimalkan proses pembelajaran biologi dan pencapaian ketiga potensi adalah mengembangkan modul pembelajaran bernuansa ESQ. Berdasarkan hal ini, dilakukan penelitian dengan tujuan menghasilkan modul pembelajaran biologi bernuansa ESQ pada materi perubahan lingkungan untuk siswa SMA/MA yang valid dan praktis. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (design research) dengan menggunakan tiga tahapan dari 4-D Models. Subjek penelitian ini adalah 4 orang validator, dan untuk uji praktikalitas dilakukan oleh 2 orang guru biologi dan 20 orang siswa kelas XI IPA MAN Kota Solok. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas, kemudian dianalisis dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menghasilkan produk berupa modul bernuansa ESQ pada materi perubahan lingkungan. Hasil uji validitas memperoleh nilai rata-rata 85,03% dengan kriteria valid baik dari segi substansial maupun nuansa ESQ. Hasil uji praktikalitas oleh guru memiliki nilai rata-rata 87,63%, sedangkan oleh siswa memiliki nilai rata-rata 84,18 %, keduanya dengan kriteria praktis, baik dari segi kemudahan penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran maupun ranfaat penggunaan.
Kata Kunci : Modul Pembelajaran Biologi Bernuansa ESQ
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 03:38 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 03:38 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/240 |
Actions (login required)
View Item |