Studi Penerapan Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Group Investigation Disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Solok Tahun Pelajaran 2015/2016.

Laspiyarni, Laspiyarni (2016) Studi Penerapan Model Pembelajaran Kooperativ Tipe Group Investigation Disertai Lembar Diskusi Siswa (LDS) Terhadap Hasil Belajar Siswa Biologi Kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Solok Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar Biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Solok menuntut guru untuk memiliki kemampuan yang dapat membelajarkan siswa serta memotivasi siswa untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan siswa adalah dengan menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe Group Investigation disertai LDS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe Group Investigation disertai LDS lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperative Group Investigation tanpa disertai LDS. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA Negeri 4 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling setelah dilakukan uji homogenitas dengan uji bartlett. Sampel yang terpilih sebagai kelas eksperimen XI IPA1 dengan jumlah siswa 30 orang menggunakan model pembelajaran kooperative Group Investigation disertai LDS dan kelas kontrol yaitu kelas XI IPA3 dengan jumlah siswa 30 orang menggunakan pembelajaran kooperativ tipe Group Investigation tanpa disertai LDS. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji-tanda diperoleh hhitung = 6 dan htabel = 9, karena hhitung S htabel maka Ho ditolak maka hipotesis diterima pada selang kepercayaan 95%, yang berarti hasil belajar siswa Biologi yang menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe Group Investigation disertai LDS lebih tinggi dibandingkan Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperative Group Investigation tanpa disertai LDS.

Kata Kunci: Group Investigation, LDS, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:38
Last Modified: 30 Mar 2023 03:38
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/238

Actions (login required)

View Item View Item