Studi Penggunaan Model pembelajaran Aktif Tipe Bowling Campus Disertai LKS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tigo Lurah

Velta, Yona (2017) Studi Penggunaan Model pembelajaran Aktif Tipe Bowling Campus Disertai LKS Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tigo Lurah. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya hasil belajar IPA (Biologi) siswa ini disebabkan pembelajaran yang masih berpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Jika hal ini berlangsung terus-menerus dalam waktuyang lama maka minat, motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa juga akan menurun Salah satu solusi untuk memperbaiki hasil belajar siswa, yaitu menggunakan model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus disertai LKS. Rumusan masalah penelitian ini yaitu "Apakah terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa SMPN 1 Tigo Lurah menggunakan model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus disertai LKS?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar biologi siswa SMPN 1 Tigo Lurah menggunakan model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus disertai LKS. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus disertai LKS terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Tigo Lurah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Tigo Lurah Tahun Pelajaran 2016/2017. Menjadi sampel yaitu siswa VIIIB sebagai kelas eksperimen dengan siswa 25 orang dan VIIIc sebagai kelas kontrol dengan jumlah 25 orang. Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperoleh thitung = 2,98 dan ttabel = 1,68 ini menunjukkan bahwa thitung > tabel maka hipotesis diterima pada tingkat kepercayaan 95 %. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran aktif tipe Bowling Campus disertai LKS terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VIII SMPN 1 Tigo Lurah pada materi Sistem Gerak Manusia.
Kata Kunci : Pembelajaran aktif tipe Bowling Campus, LKS, Biologi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:37
Last Modified: 30 Mar 2023 03:37
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item