Siska Yulianda, Riya (2017) Penerapan Model Pembelajaran Kooperative Group Investigasi (GI) Dilengkapi Mind Map terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMAN 4 Kota Solok. Program Stadi Pendidikan Biologi Jurusan Pendidikan Matematika dan IPA. FKIP. Universitas Mahaputera Muhammad Yamin Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya hasil belajar IPA (Biologi) siswa disebabkan olehbuku sumber masih sedikit, siswa kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran, model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dan kurangnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran. Salah satu solusi untuk memperbaiki hasil belajar siswa, yaitu menerapkan model pembelajaran kooperativipeGroup Investigasi(GI)dilengkapi Mind Map. Rumusan masalah penelitian ini yaitu"apakah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe GI dilengkapiMind Map lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Biologi siswa menggunakan model pembelajaran kooperatione GI tanpa dilengkapi Mind Map?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiapakah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatione GI dilengkapiMind Maplebih tinggi dibandingkan hasil belajar Biologi siswa menggunakan model pembelajaran kooperative GI tanpa dilengkapi Mind Map.
Hipotesis penelitian ini adalah adalah hasil belajar Biologi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperative GI dilengkapiMind Map lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe GI tanpa dilengkapi Mind Map. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 4 Kota SolokTahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 87 orang. Menjadi sampelyaitusiswa XI IPA,sebagai kelas eksperimendengan siswa 27 orang danXI IPA3sebagai kelas kontrol dengan jumlah 30orang.Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperolehthitung = 1,81danttabel = 1,67 ini menunjukkan bahwathitung>tabel maka hipotesis diterimapada tingkat kepercayaan 95%.Hasil pengamatan afektif siswa, pada kelas eksperimen umumnya
memperoleh nilai sangat baik, sedangkan di kelas kontrol memperoleh nilai baik. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar Biologi menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe GI dilengkapiMind Map lebih tinggi dibandingkan menggunakan model pembelajaran kooperativ tipe GI tanpa dilengkapi Mind Mappada siswa kelas XI IPA SMAN 4 Kota Solok pada materi Sistem Pernapasan Manusia.
Kata Kunci:Group Investigasi(G!), Mind Map, Biologi, SMAN 4 Kota Solok
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 03:35 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 03:35 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/223 |
Actions (login required)
View Item |