Indah Putri, Imayuri (2024) PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN TERHADAP PEMBAYARAN TAGIHAN LISTRIK YANG TIDAK WAJAR DI PLN CABANG SOLOK OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN KOTA SOLOK ( Studi Kasus Putusan Nomor : 22/BPSK-SLK/P.PTS/IV/2022 ). skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Text
H24 016 IMAYURI INDAH PUTR_.pdf Download (746kB) |
Abstract
Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Solok merupakan lembaga yang berwenang menyelesaikan sengketa konsumen di luar pengadilan , salah satunya kasus Putusan Nomor : 22/BPSK-SLK/P.PTS/IV/2022. Pada kasus ini konsumen merasa dirugikan karena adanya pembayaran tagihan listrik yang tidak wajar di PLN Cabang Solok dan pencabutan MCB listrik. Rumusan Masalah bagaimana proses penyelesaian sengketa konsumen terhadap pembayaran tagihan listrik yang tidak wajar di PLN Cabang Solok oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Solok dan bagaimana peran Badan Pernyelesaian Sengketa Konsumen Kota Solok dalam penyelesaian pembayaran tagihan listrik yang tidak wajar di PLN Cabang Solok. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian empiris dengan melakukan wawancara kepada pihak Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Solok dan para pihak, selain melakukan wawancara peneliti juga mengumpulkan data melalui studi dokumen dengan menggunakan bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan, yaitu proses penyelesaian sengketa konsumen terhadap pembayaran tagihan listrik yang tidak wajar di PLN Cabang oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Solok yaitu melalui proses tahap pengajuan pengaduan, pemeriksaan awal, persidangan, putusan, dan pelaksanaan putusan. Para pihak memilih proses penyelesaian melalui mediasi, selanjutnya ketika proses persidangan berjalan adanya kesepakatan kedua belah pihak dan sengketa berakhir damai dan dengan ditandatangani surat kesepakatan para pihak tanggal 12 April 2022. Adapun peran Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kota Solok dalam penyelesaian pembayaran tagihan listrik yang tidak wajar di PLN Cabang Solok adalah sebagai mediator atau penengah yang bersifat memberikan nasehat, petunjuk, saran dan upaya dengan memberikan pemecahan masalah dalam penyelesaian sengketa yang saling menguntungkan bagi pihak yang bersengketa sehingga sengketa berakhir dengan damai antara para pihak.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum |
Depositing User: | Admin Pustaka |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 04:41 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 04:41 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2224 |
Actions (login required)
View Item |