Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) disertai Tugas Rumah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajarab Biologi Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok

Yulvita, Ati (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) disertai Tugas Rumah Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajarab Biologi Kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi karena Rendahnya nilai belajar biologi siswa, siswa berbicara dengan siswa lain saat pembelajaran berlangsung. Kegiatan belajar masih terpusat pada guru, siswa hanya menerima apa yang disampaikan oleh guru. Hal itu membuat siswa kurang aktif dalam belajar, sehingga banyak siswa tidak nyaman di kelas dan mereka sering keluar masuk saat pembelajaran berlangsung dan siswa sering juga membuat tugas rumah di pagi hari menjelang bel berbunyi terkadang ada juga yang mengerjakan tugas rumah saat pembelajaran sebelumnya. Dengan adanya model pembelajaran kooperativ tipe Inside Outside Circle disertai tugas rumah ini menjadi salah satu cara yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Permasalahanny a "Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperative Inside Outside Circle disertai tugas dengan hasil belajar siswa di mata pelajaran biologi, di kelas VIII di SMP Negeri 3 Kota Solok?". Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperativ tipe Inside Outside Circle disertai tugas rumah terhadap mata pelajaran biologi di kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimentalengan rancangan randomized control group only design". Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Kota Solok. Mereka berjumlah 206 siswa. Sampel diambil dengan teknik purposif sampling dan diperoleh eksperimen VIII 1 dengan 28 siswa dan kelas kontrol VIII 4 dengan 30 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan thitung = 3,818 pada taraf kepercayaan (c.: 0,05) dan ttabel = 1,161 sehingga hipotesis diterima, dengan kata lain lain hasil belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran kooperative Inside Outside Circle disertai tugas rumah lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran langsung dengan tanya jawab disetai tugas rumah.
Kata Kunci: Model pembelajaran Kooperativ tipe Inside Outside Circle, TugasRumah, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Biologi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:35
Last Modified: 30 Mar 2023 03:35
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/222

Actions (login required)

View Item View Item