Regita Putri, Ardia (2018) Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan Tipe TGT Terhadap hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII di MTsN Kota Solok. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Rendahnya minat dan partisipasi siswa pada pelajaran biologi membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran biologi. Hal ini mengakibatkan rendahnya nilai hasil belajar biologi. Paradigma yang tertanam dalam fikiran siswa adalah pelajaran biologi merupakan pelajaran yang bersifat hafalan, schingga siswa lebih cenderung menghafal dibandingkan memahami konsep dan pengembangannya. Pemilihan strategi yang bervariasi dan disesuaikan dengan situasi, kondisi serta karakteristik dari materi mata pelajaran yang akan dipelajari akan membuat siswa menjadi tertarik dan terlibat aktif dalam belajar. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran tipe NHT dengan tipe TGT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VII MTSN Kota Solok yang menggunakan model pembelajaran tipe NHT dengan tipe TGT. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa vang menggunakan model pembelajaran tipe NHT dengan tipe TGT Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTsN Kota Solok Kota Solok tahun pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian adalah kelas VII C sebagai kelas eksperimen I dengan jumlah 35 orang dan kelas VII D sebagai kelas eksperimen II dengan jumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Analisis data hasil belajar siswa yang dilakukan diperoleh nilai Zhitung = - 0,2694 dan Ztabel = 1,67, ini menunjukkan bahwa Zhitung < Zubel maka hipotesis Ho diterima H, ditolak pada tingkat kepercayaan 95%. Kesimpulan penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VII MISN Kota Solok yang menggunakan model pembelajaran tipe NIIT dengan tipe TGT
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ammhi Kumhala |
Date Deposited: | 30 Mar 2023 03:35 |
Last Modified: | 30 Mar 2023 03:35 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/217 |
Actions (login required)
View Item |