Validitas Modul Hasil Pengembangan Berbasis SQ3R pada Materi Sistem Ekskresi Manusia

Dea Tami, Riri (2019) Validitas Modul Hasil Pengembangan Berbasis SQ3R pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena metode yang digunakan tidak bervariasi dan hanya menggunakan buku cetak dan LKS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pada mata pelajaran biologi berbasis SQ3R (Survey. Question. Read, Recite, Review) yang valid. Penelitian ini adalah bagian dari penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan sampai pada tahap validitas produk. Instrumenyang digunakan adalah angket ahli materi, ahli media dan ahli bahasa. Pengembangan modul biologi berbasis SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) melalui lima tahap. Tahap pertama analisis yaitu: analisis siswa untuk mengetahui perkembangan psikologi siswa. Tahap kedua: penyusunan kerangka modul biologi, penyajian sistematik materi, penyusunan design instrument penelitian. Tahap ketiga pembuatan produk dengan menggunakan aplikasi Microsost Word, merevisi produk berdasarkan masukan dari ahli validasi. Tahap keempat uji coba produk. Tahap kelima evaluasi dari hasil uji coba. Berdasarkan analisis data diperoleh validasi angket ahli materi, media dan bahasa mencapai 84%, 83% dan 87%. Berdasarkan Tahapan tersebut, maka dihasilkan modul biologi berbasis SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review pada materi Sistem Ekskresi Manusia yang valid.

Kata Kunci: Validitas, Modul Biologi, Berbasis SQ3R, Sistem Ekskresi pada Manusia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 30 Mar 2023 03:35
Last Modified: 30 Mar 2023 03:35
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/214

Actions (login required)

View Item View Item