Yesiska, Yesiska (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA KELAS X. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Text
PB24 002 Yesiska_.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena media yang ada di sekolah kurang memfasilitasi siswa dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan e-modul yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan ADDIE yaitu Analisys, design, development, implementation, evaluation. Instrumen yang digunakan adalah lembar wawancara guru, angket kebutuhan siswa, angket ahli materi, ahli media, ahli bahasa oleh validator ahli, angket praktikalitas oleh guru, angket respon siswa dan tes kemampuan berpikir kritis. Berdasarkan analisis data diperoleh validasi angket ahli materi, ahli media dan ahli bahasa dengan rata-rata 93,72% berada pada kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji praktikalitas oleh pendidik dan peserta didik dengan rata-rata 94,21% yang berarti e-modul berbasis PBL yang dikembangkan termasuk kriteria Sangat Praktis. Berdasarkan hasil tes berpikir kritis siswa terdapat peningkatan hasil kemampuan berpikir kritis siswa dengan skor rata-rata 0,72 dengan kriteria peningkatan sedang. Hal ini berarti e-modul efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis PBL pada materi virus yang dikembangkan valid, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.
Kata kunci : PBL, E-modul, Berpikir kritis, Virus
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Biologi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Admin Pustaka |
Date Deposited: | 05 Dec 2024 07:06 |
Last Modified: | 05 Dec 2024 07:06 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2124 |
Actions (login required)
View Item |