ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KUBUNG

Fitria, Fitria (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG CAMPURAN BILANGAN BULAT BERDASARKAN NEWMAN’S ERROR ANALYSIS DI KELAS VII SMP NEGERI 2 KUBUNG. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PM24 007 fitria_.pdf

Download (961kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa masalah yang dijadikan sebagai penyebab siswa kurang meminati pembelajaran matematika, antara lain: pemahaman konsep dasar berhitung siswa masih kurang, masih kurangnya rasa membutuhkan siswa atas ilmu yang diberikan, keterbatasan dalam proses pembelajaran matematika secara daring. Berdasarkan hal tersebut, peneliti berinisiatif melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan bulat di SMP Negeri 2 Kubung berdasarkan analisis kesalahan Newman. Subjek penelitian yaitu sebanyak 24 siswa kemudian dipilih tiga subjek yang akan diwawancarai. Instrumen penelitian ini adalah soal tes yang berjumlah 4 butir dan pedoman wawancara. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil pekerjaan siswa pada soal tes operasi hitung campuran bilangan bulat pada nomor 1 samapai 4, peneliti menjumpai sebanyak 74,58% kesalahan dalam memahami konsep dasar operasi hitung campuran dan konsep dasar bilangan positif dan negatif, kemudian sebanyak 25,42% kesalahan dalam transformasi, kemudian 57,63% kesalahan dalam keterampilan proses, kemudian 81,36% kesalahan dalam menuliskan jawaban akhir. Kesimpulan penelitian ini yaitu kesalahan membaca soal terjadi karena siswa salah membaca bilangan, tanda bilangan, dan tanda kali, bagi, tambah, dan kurang yang ditemukan pada saat wawancara. Kesalahan memahami soal terjadi karena pemahaman konsep bilangan positif dan negatif serta konsep dasar operasi hitung campuran siswa belum sempurna terkuasai oleh siswa. Kesalahan transformasi terjadi karena siswa salah menentukan transformasi operasi hitung. Kesalahan keterampilan proses terjadi karena siswa salah menetukan urutan pengerjaan operasi hitung campuran pada soal tes. Kesalahan menuliskan jawaban akhir terjadi karena siswa salah dalam berhitung dan tidak membuatkan tanda bilangan pada hasil dari operasi hitung yang dikerjakan.

Kata kunci : Analisis, Operasi Hitung Campuran, Bilangan Bulat, Newman’s Error Analysis.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Ilmu-ilmu Alam dan Matematika > Matematika
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 04 Dec 2024 08:03
Last Modified: 04 Dec 2024 08:03
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/2121

Actions (login required)

View Item View Item