PENGARUH SARANA PEMBELAJARAN DAN LINGKUNGAN DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA SOLOK

Velia, Dina (2021) PENGARUH SARANA PEMBELAJARAN DAN LINGKUNGAN DI RUMAH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 KOTA SOLOK. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
P.bio 2021 DINA VELIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (472kB)
[img]
Preview
Text
P.bio 2021 DINA VELIA_removed.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian bahwa lingkungan sekolah yang kurang memadai serta kelengkapan sarana sekolah seperti laboratorium IPA, komputer, dan kantin sekolah yang terbilang sederhana. Tidak tersedianya sarana pembelajaran dan lingkungan di rumah yang baik dapat menjadi masalah dan menghambat proses belajar dan pencapaian prestasi belajar. Tujuan penelitin ini untuk mengetahui pengaruh sarana pembelajaran dan lingkungan di rumah terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Kota Solok. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling dari siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok yang berjumlah 102 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara sarana pembelajaran dan lingkungan belajar di rumah terhadap hasil belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri 4 Kota Solok. Berdasarkan hasil analisis data statistik dengan menggunakan uji t, diketahui bahwa pada variabel sarana pembelajaran diperoleh nilai ttabel = 1,98397. Ternyata : thitung 5,120 > 1,98397 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pada variabel lingkungan di rumah diperoleh nilai ttabel = 1,98397. Ternyata : thitung 3,810 > 1,98397 maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sedangkan sarana pembelajaran dan lingkungan di rumah terhadap hasil belajar siswa yaitu sebesar 40,8%. Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar pihak sekolah mampu menyediakan sarana belajar dan buku bacaan yang mampu menunjang kebutuhan dan gaya belajar siswa yang bervariasi sehingga siswa akan lebih mudah memahami materi yang dipelajari. Meskipun bukan aspek utama, ketersediaan sarana merupakan aspek penting dalam menunjang prestasi belajar siswa.

Kata Kunci : Sarana pembelajaran, lingkungan di rumah, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2023 04:42
Last Modified: 25 Mar 2023 04:42
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/194

Actions (login required)

View Item View Item