PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI INTERKSI MAHKLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP

Annisa Devi, Septia (2022) PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS KONSTRUKTIVISME PADA MATERI INTERKSI MAHKLUK HIDUP DENGAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP. Other thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
P Bio 2022 Septia annisa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (905kB)
[img]
Preview
Text
P Bio 2022 Septia annisa_removed.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan utama, yaitu
keterbatasan bahan ajar pada pembelajaran interaksi mahkluk hidup dengan
lingkungan dan jarang terlaksananya pembelajaran konstruktivisme yang valid.
Penelitian ini adalah bagian dari penelitian pengembangan dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Penelitian ini dilakukan sampai tahap validitas dengan menggunakan validasi pakar. Validasi dilakukan oleh 3 validator, dimana semua validator memvalidasi lembar angket validasi. Berdasarkan analisis data diperoleh validasi modul angket ahli materi, media dan bahasa modul mencapai 74%, 84%, 76% dengan kategori valid. Untuk menjamin keabsahan data maka uji validasi juga dilakukan dengan menggunakan indeks CVR yang dikembangkan oleh lawshe. Hasil penyajian diperoleh nilai indeks CVR 1 yang mengandung arti bahwa modul layak/valid untuk digunakan. Berdasarkan validasi tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa Modul Konstruktivisme pada materi interaksi mahkluk hidup dengan lingkungan untuk kelas VII SMP valid dan telah dapat digunakan untuk proses pembelajaran.

Kata Kunci: Pengembangan, Interaksi Mahkluk Hidup dengan Lingkungan, Konstruktivisme, ADDIE

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Unnamed user with email userrepo@ummy.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2023 04:41
Last Modified: 25 Mar 2023 04:41
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item