PERANAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN KABUPATEN SIJUNJUNG DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN

Zalnofri, Zalnofri (2021) PERANAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN KABUPATEN SIJUNJUNG DALAM MENYELESAIKAN SENGKETA KONSUMEN BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
H21 018 ZALNOFRI_w.pdf

Download (239kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kabupaten Sijunjung dalam menyelesaikan sengketa konsumen. Peneliti menduga belum maksimalnya peranan badan penyelesaian sengketa konsumendalam menyelesaikan sengketa konsumen. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Bentuk Penyelesaian Sengketa Konsumen oleh Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen di Kabupaten Sijunjung dan Bagaimana Peranan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam Menyelesaikan Sengketa Konsumen di Kabupaten Sijunjung berdasarkan UU No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Metode penelitian yang digunakan adalah sebagai berikut: Jenis penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris. Jenis data yang digunakan data primer, data sekunder, data tersier. Teknik pengumpulan data yang digunakan penelitian kepustakaan, penelitian lapangan. Sedangkan analisis data yang digunakan proses penyederhanaan kedalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterprestasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk penyelesaian sengketa konsumen Kabupaten Sijunjung dilakukan secara konsiliasi dan mediasi. BPSK Kabupaten Sijunjung pelaku usaha dan konsumen banyak memilih jalur penyelesaian sengketa secara mediasi karena pihak konsumen dan pelaku usaha sama-sama sepakat memilih cara mediasi untuk menyelesaikan sengketa yang terjadi. BPSK bersifat aktif dilihat dari dalam memberikan masukan serta solusi terbaik dari kasus yang sedang diproses pada akhirnya pihak konsumen dan pihak pelaku usaha mendapatkan kesepakatan tanpa ada konflik dalam proses penyelesaian sengketa tersebut.Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen Kabupaten Sijunjung dalam menyelesaikan sengketa konsumen sudah dijalankan namun belum berperan secara maksimal dikarenakan ada penyelesaian kasus melebihi waktu yang seharusnya, ada pelaku usaha yang tidak hadir dalam persidangan BPSK akan tetapi pihak BPSK Kabupaten Sijunjung tidak meminta bantuan penyidik untuk menghadirkan pelaku usaha tersebut, serta masih ada kasus yang diselesaikan di Pengadilan Negeri.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 30 Oct 2024 08:39
Last Modified: 30 Oct 2024 08:39
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item