PROSES PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN KABUPATEN SOLOK

Maha Suci, Putri (2021) PROSES PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN OLEH BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN KABUPATEN SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
H21 015 PUTRI MAHA SUCI_w.pdf

Download (261kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena sering terjadinya sengketa antara pelaku usaha dan konsumen di Kabupaten Solok. Hal yang mendasar yang menyebabkan terjadinya sengketa konsumen tersebut adalah karena masih rendahnya pemahaman konsumen terhadap UUPK yang disebabkan kurangnya sosialisasi mengenai UUPK kepada masyarakat. Dalam rangka memberikan perlindungan bagi konsumen, maka dibentuklah lembaga penyelesaian sengketa konsumen di luar pengadilan yaitu Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Solok. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses penyelesaian sengketa konsumen oleh BPSK Kabupaten Solok, serta untuk mengetahui faktor penghambat dalam proses penyelesaian sengketa konsumen oleh BPSK Kabupaten Solok. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis sosiologis. Data yang diperoleh dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data, yaitu wawancara. Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan proses penyelesaian sengketa konsumen oleh BPSK Kabupaten Solok yaitu apabila terjadi sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha, konsumen langsung datang ke BPSK Kabupaten Solok dan membuat pengaduan baik secara tertulis maupun secara lisan dengan melampirkan berkas-berkas berupa dokumen, permohonan tersebut dapat diterima dan diregistrasi oleh petugas BPSK apabila permohonan itu sudah dianggap lengkap sesuai dengan yang diarahkan oleh petugas BPSK. Selanjutnya kasus tersebut akan diselesaikan oleh pihak BPSK melalui alternatif penyelesaian sengketa yaitu konsiliasi, mediasi dan arbitrase tergantung pada pilihan para pihak. Faktor yang menjadi penghambat BPSK dalam menyelesaikan sengketa antara konsumen dengan pelaku usaha diantaranya kurangnya pemahaman konsumen terhadap kontrak, sulitnya pihak BPSK untuk mengantarkan surat panggilan kepada pihak tergugat. Kurangnya anggaran atau pendanaan serta kurangnya sarana dan prasarana di BPSK Kabupaten Solok yang mengakibatkan terhambatnya BPSK dalam pelaksanaan tugas.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum > S1 Ilmu Hukum
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 30 Oct 2024 07:55
Last Modified: 30 Oct 2024 07:55
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1876

Actions (login required)

View Item View Item