Julianti, Alnia (2023) KEMAMPUAN MENULIS CERITA INSPIRATIF SISWA KELAS IX SMP NEGERI 2 IX KOTO SUNGAI LASI SEMESTER II TAHUN AJARAN 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat menulis cerita inspiratif peserta didik masih rendah, peserta didik kebingungan untuk menulis kata pertama, sehingga peserta didik merasa kurang tertarik untuk menulis cerita inspiratif dan muncul anggapan peserta didik bahwa suatu kegiatan menulis itu adalah hal yang sangat sulit untuk dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis cerita inspiratif siswa kelas IX SMP Negeri 2 IX Koto Sungai Lasi semester II tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 2 IX Koto Sungai Lasi dan sampel dalam penelitian ini terdiri dari satu kelas yaitu kelas IX dengan jumlah siswa 23 orang. Data penelitian ini diperoleh menggunakan tes unjuk kerja, yaitu menulis cerita inspiratif sesuai dengan struktur dan kebahasaan cerita inspiratif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: (1) Guru menjelaskan materi tentang cerita inspiratif, (2) Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya seputar materi cerita inspiratif, (3) Setelah siswa paham, siswa diberi tugas menulis cerita inspiratif berdasarkan struktur dan kebahasaan dengan tema yang dipilih oleh siswa berdasarkan pengalaman pribadi masing-masing yang akan disajikan berdasarkan waktu yang ditentukan (45 menit), (4) Setelah selesai, tes unjuk kerja siswa dikumpulkan untuk diperiksa dan dianalisis. Langkah-langkah yang dilakukan peneliti dalam menganalis data adalah: (1) Membaca hasil tes yang telah ditulis siswa, (2) Memeriksa hasil tes siswa dengan cara menggarisbawahi kalimat yang menyatakan struktur dan kebahasaan cerita inspiratif, (3) Memberi skor pada hasil tes siswa berdasarkan indikator penilaian pada tabel 1 yang ada di instrumen penelitian, (4) Mengubah skor menjadi nilai, (5) Mencari nilai rata-rata kemampuan siswa, (6) Mengklasifikasikan nilai dalam bentuk tabel skala 10, (7) Membahas hasil analisis data siswa dan (8) Menyimpulkan hasil penelitian. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata kemampuan menulis cerita inspiratif berdasarkan indikator struktur cerita inspiratif (orientasi, komplikasi, resolusi dan koda) yaitu 85,46 dengan kualifikasi baik serta kebahasaan cerita inspiratif (menelaah penggunaan kata ganti orang pertama dan ketiga baik tunggal maupun jamak, menelaah penggunaan penanda dialog, menelaah penggunaan penanda yang menunjukkan keterangan waktu lampau dan menelaah penggunaan kata-kata yang menunjukkan urutan waktu) yaitu 86,92 dengan kualifikasi baik sekali. Berdasarkan hasil penelitian yang diuraikan di bab IV, dapat disimpulkan bahwa rata-rata kemampuan menulis cerita inspiratif siswa SMP Negeri 2 IX Koto Sungai Lasi semester II tahun ajaran 2022/2023 yaitu 86,08 dengan kualifikasi baik sekali.
Kata Kunci : Menulis, Struktur Cerita Inspiratif dan Kebahasaan Cerita Inspiratif.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Ammhi Kumhala |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 08:25 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 08:25 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1842 |
Actions (login required)
View Item |