KEMAMPUAN MENELAAH NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMPN 4 KUBUNG KABUPATEN SOLOK TA 2022/2023

Mulyadi, Annisa (2023) KEMAMPUAN MENELAAH NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMPN 4 KUBUNG KABUPATEN SOLOK TA 2022/2023. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Indonesia, Jurusan Pcndidikan Bahasa dan Fakultas Keguruan dan Ilmu pcndidikan, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin, Solok penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya kemampuan siswa menelaah naskah drama. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menelaah naskah drama sisvva kelas VIII semester II SMPN 4 Kubung tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah purpose sampling atau sebagian dari populasi yaitu siswa kelas VIII SMPN 4 Kubung tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 18 orang siswa, peneliti mengambil kelas VIII.2 untuk dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data Penelitian ini dilakukan dengan cara menjelaskan kepada siswa mengenai materi yang akan dipelajari, peneliti membagikan contoh naskah drama untuk latihan kepada siswa pada pertemuan pertama, pada pertemuan selanjutnya peneliti membagikan naskah drama untuk data penelitian dengan naskah drama yang berbeda dari latihan sebelumnya, siswa menelaah dari naskah drama yang sudah diberikan sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan naskah drama. Langkah-langkah yang dilakukan dalam menganalisis data dalam penelitian ini yaitu, membaca hasil tulisan siswa, peneliti mengkoreksi hasil tulisan siswa, menentukan skor pada hasil tes siswa dengan kriteria yang telah ditentukan, mengubah skor sesuai format penilaian, menentukan nilai masing-masing siswa menggunakan rumus persentase, mendeskripsikan tingkat kemampuan siswa berdasarkan rata-rata hitung, membuat histogram, dan menyimpulkan hasil penelitian dalam bentuk skripsi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa kemampuan menelaah naskah drama siswa berdasarkan struktur dan kaidah kebahasaan yakni, struktur (a) prolog berada pada kualifikasi baik sekali dengan nilai rata-rata 88,8, (b) dialog berada baik sekali dengan nilai rata-rata 87, (c) epilog berada pada kualifikasi Hampir cukup dengan nilai rata-rata 72,22. Kemampuan siswa dalam menelaah naskah drama dengan kaidah kebahasaan (a) kata yang menyatakan urutan waktu berada pada kualifikasi lebih dari cukup dengan nilai rata-rata 68,52, (b) kata kerja yang mengambarkan suatu peristiwa berada pada kualifikasi baik sekali dengan nilai rata-rata 90,72, (c) kata kerja yang menyatakan sesuatu yang dipikirkan oleh tokoh berada pada kualifikasi baik sekali dengan nilai rata-rata 92,58, (d) kata sifat yang mengambarkan tokoh, tempat, dan suasana berada pada kualifikasi sempurna dengan nilai rata-rata 96,29.

Kata kunci: Menelaah, Naskah Drama, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 25 Oct 2024 08:20
Last Modified: 25 Oct 2024 08:20
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item View Item