Darnia, Darnia (2023) PRINSIP KESATUAN BERBAHASA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII MTsS KOTO ANAU TA 2023/2024 (KAJIAN PRAGMATIK). skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi dan wawancara tanggal 1 Mei 2022 kelas VII dengan İbli Rita Wahdini, S.Pd. selaku guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di MTsS Koto Anau diperoleh informasi bahwa prinsip kesantunan berbahasa dan ketidaksantunan berbahasa antara siswa dengan siswa yang seusia sangat rendah pada saat berkomunikasi di dalam kelas. Dalam observasi tersebut peneliti menemukan bidal kemurahhatian atau kedermawanan yaitu penutur dapat meminimalkan keuntungan diri sendiri dengan memaksimalkan keuntungan bagi orang lain. Bahasa yang şantun diduga dapat meredam amarah dan rasa kecewa penutur kepada mitra tutur, dan dapat membuat situasi tetap terkendali. Khususnya prinsip kesantunan berbahasa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia kelas VII MTsS Koto Anau yang merupakan sekolah berbasis agama. Tentü tingkat kesantunannya lebih tinggi dengan aturan sekolah yang sangat ketat dan pelajaran agama yang cukup banyak sehingga dapat membentuk sikap siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan Prinsip Kesantunan Berbahasa dan Ketidaksantunan dalam Pembelajaran Bahasa ındonesia Kelas VII MTsS Koto Anau TA 2023/2024 (Kajian Pragmatik). Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa tuturan siswa dan guru yang ada di dalam kelas tersebut. Teknik pengumpulan data menggunak teknik rekam dan catat, karena şuara handphone yang kurang mampu menangkap tuturan siswa secara jelas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu memutar rekaman untuk disimak, mentranskipkan, mengklasifıkasi data,menganalisis, dan membuat kesimpilan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan peneliti ditemukan tuturan sebanyak 102 data dengan bagian prinsip kesantunan berbahasa sebanyak 75 data sebagai berikut: (1) bidal kearifan dan kebijaksanaan 34 tuturan, (2) bidal perkenaan atau pujian ditemukan sebanyak 3 tuturan, (3) bidal kemurahhatian atau kedermawanan ditemukan sebanyak 12 data, (4) bidal kerendahhatian ditemukan sebanyak 7 tuturan, (5) bidal kesetujuan ditemukan sebanyak 14 tuturan, dan (6) bidal kesimpatisan ditemukan sebanyak 5 data. sedangkan prinsip ketidaksantunan ditemukan sebanyak 27 data sebagai berikut: (l) bidal kearifan atau kebijaksanaan I data, (2) bidal perkenaan atau pujian 3 data, (3) bidal kemurahhatian atau kedermawanan 3 data, (4) bidal kerendahhatian 4 data, (5) bidal kesetujuan 12 data, dan (6) bidal kesimpatian 5 data. Bidal yang banyak ditemukan dalam penelitian ini yaitu bidal kearifan atau kebijaksanaan sebanyak 34 data.
Kata Kunci: Prinsip Kesantunan Berbahasa dan Kajian pragmatik.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Bahasa > Bahasa Indonesia |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Ammhi Kumhala |
Date Deposited: | 25 Oct 2024 08:16 |
Last Modified: | 25 Oct 2024 08:16 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1840 |
Actions (login required)
View Item |