KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS IX SEMESTER II SMPN 5 KOTA SOLOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018

Widia Ayu, Sri (2021) KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS IX SEMESTER II SMPN 5 KOTA SOLOK TAHUN PELAJARAN 2017/2018. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi karena siswa masih kesulitan dalam menulis naskah drama. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, pertama minat menulis siswa masih rendah. Kedua, pemahaman siswa dalam menulis naskah drama juga masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk, mendeskripsikan Kemampuan siswa dalam Menulis Naskah Drama kelas IX Semester II di SMPN 5 Kota Solok. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskripti€ Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SVIPN 5 Kota Solok Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 126 siswa. Dari kelima kelas, peneliti mengambil 1 kelas sebagai sampel.

Teknik pengumpulan data di lakukan dengan cara berupa tes unjuk kerja. Siswa ditugaskan menulis naskah drama. Langkah-langkah dalam menganalisis data dalam penelitian ini yaitu, peneliti membaca naskah drama dari hasil tes siswa, mengoreksi hasil tes siswa dengan mengarisbawahi dan memberi kode, memberi skor sesuai dengan format penilaian yang terdapat pada tabel 2, menentukan nilai masing-masing siswa dengan menggunakan rumus persentase, menghitung kemampuan siswa dalam menulis naskah drama berdasarkan rata-rata hitung, mengkasifikasikan nilai siswa dengan menggunakan skala 10, membuat histogram, dan menyimpulkan hasil penelitian dalam bentuk skripsi.

Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka dapat di ketahui bahwa hasil penelitian (1) Kemampuan siswa dalam menulis tema berada pada kualifikasi baik sekali, dengan tingkat penguasaan 86-95% dengan nilai rata-rata 95,6. (2) Kemampuan siswa dalam menulis amanat berada pada kualifikasi baik dengan tingkat penguasaan 86-95% dengan nilai rata-rata 91,33. (3) Kemampuan siswa dalam menulis perwatakan berada pada kualifikasi baik, dengan tingkat penguasaan 76-85% dengan nilai rata-rata 84,7. (4) Kemampuan siswa dalam menulis dialog berada pada kualifikasi baik sekali, dengan tingkat penguasaan 8695% dengan nilai rata-rata 85,2. (5) Kemampuan siswa dalam menulis alur berada pada kualifikasi baik sekali, dengan tingkat penguasaan 86-95% dengan nilai ratarata 95,6. (6) Kemampuan siswa dalam menulis latar berada pada kualifikasi lebih dari cukup, dengan tingkat penguasaan 76-85% dengan nilai rata-rata 81,5. (7) Kemampuan siswa dalam menulis bahasa berada pada kualifikasi baik, dengan tingkat penguasaan 76-85% dengan nilai rata-rata 84,7 Jadi, dapat disimpulkan bahwa Kemampuan menulis naskah drama siswa kelas IX Semester II SMPN 5 Kota Solok Tahun Pelajaran 2017/2018 berada pada kualifikasi baik sekali, dengan tingkat penguasaan 86-95% dengan nilai rata-rata 89,6.

Kata Kunci : Hakikat menulis, naskah drama

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 25 Oct 2024 08:11
Last Modified: 25 Oct 2024 08:11
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item