PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM DIALOG PERSUASI SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMPN 1 KUBUNG KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK TAHUN AJARAN 2019/2020

Sari Helmi, Freska (2020) PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM DIALOG PERSUASI SISWA KELAS VIII SEMESTER II SMPN 1 KUBUNG KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK TAHUN AJARAN 2019/2020. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

Full text not available from this repository.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dalam proses bclajar mcngajar siswa nłannpu nnenulis dialog persuasi, tetapi siswa tidak mengetahui beberapa jenis gaya bahasa yang digunakan. Siswa hanya menuliskan sesuatu yang ingin diungkapkan tanpa łnengetahui jenis gaya bahasanya. Diantaranya gaya bahasa perbandingan antara gaya bahasa metafora, personifikasi, hiperbola, asosiasi, litotes, eufemisme, alegori, metonimia, sinekdoke, dan simbolik, dan gaya bahasa pertentangan antara gaya bahasa paradoks, antitesis, dan kontradiksio in terminis. Penelitian ini difokuskan pada gaya bahasa perbandingan dan gaya bahasa pertentangan. Dalam penelitian ini siswa akan menulis dialog persuasi dengan menggunakan bahasa sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Penggunaan Gaya Bahasa Perbandingan dan Peftentangan dalam Dialog

Persuasi Siswa Kelas VIII Semester II SMPN I Kubung Kecamatan Kubung Kabupaten Solok Tahun Ajaran 2019/2020.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah guru menjelaskan materi menulis dialog persuasi dan gaya bahasa, guru memberi tugas kepada siswa menulis dialog persuasi, guru mengumpulkan hasil kerja siswa, dan peneliti meminta hasil tes siswa dari guru. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah membaca hasil tes siswa, memberi pengkodean, mengklasifikasikan data, menganalisis jenis gaya bahasa yang digunakan siswa, sefia membuat kesimpulan.

Jadi, hasil penelitian keseluruhan ditemukan penggunaan gaya bahasa dalam dialog persuasi siswa sebanyak 86 data, gaya bahasa perbandingan ditemukan sebanyak 75 data, dan gaya bahasa pertentangan sebanyak I l data. Maka diperoleh kesimpulan bahwa gaya bahasa yang digunakan siswa dalam dialog persuasi yaitu dari 12 dialog siswa, semua siswa menggunakan gaya bahasa, siswa menggunakan 13 jenis gaya bahasa yaitu gaya bahasa perbandingan 10 dan gaya bahasa pelźentangan 3.

Kata kunci: gaya bahasa dan dialog persuasi

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Ammhi Kumhala
Date Deposited: 25 Oct 2024 05:34
Last Modified: 25 Oct 2024 05:34
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1827

Actions (login required)

View Item View Item