ANALISIS PEMASARAN GREEN BEAN & ROAST BEAN DI NAGARI LASI KECAMATAN CANDUNG KABUPATEN AGAM

Wahyu Perdana, Gema (2023) ANALISIS PEMASARAN GREEN BEAN & ROAST BEAN DI NAGARI LASI KECAMATAN CANDUNG KABUPATEN AGAM. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
AGRI23 007 GEMA WAHYU P_w.pdf

Download (555kB)

Abstract

Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi penghasil kopi arabika di Indonesia. Luas areal perkebunan kopi arabika di Sumatera Barat ada 20.754 Ha dengan produksi 15.670 ton/tahun. Kopi di Nagari Lasi Kecamatan Candung Kabupaten Agam dengan luas tanam sebesar 6 Ha dan luas panen sebesar 3 Ha yang menghasilkan kopi arabika. Masalah yang didapat dari petani di Nagari Lasi adalah kurangnya pengetahuan petani akan pasca panen yang efektif dan margin pemasaran kopi mentah dan kopi sangrai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pasca panen hingga menghasilkan kopi mentah dan kopi sangrai serta untuk mengetahui margin saluran pemasaran kopi mentah dan kopi sangrai pada usahatani kopi arabika di Nagari Lasi Kecamatan Candung Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan metode survey karena adanya perbedaan petani terhadap perlakuan kopi dan menjadikan perbedaan harga antara pedagang pengumpul I dan pedagang pengumpul II hingga ke roastery (penyangrai kopi). Dari hasil penelitian diketahui bahwa proses pasca panen pada kopi arabika Lasi dimulai dari sortir buah kopi, pulping, pencucian, pengeringan hulling dan sortasi kopi mentah. Margin saluran pemasaran pada kopi arabika Lasi dilihat dari total biaya adalah Rp 9.950, total margin Rp 10.000 dan total keuntungan sebesar Rp 4.250 untuk petani yang menjual pedagang pengumpul I. Pada pedagang pengumpul II hingga roastery(penyangrai kopi), total biaya sebesar Rp 40.500, total margin Rp 100.000 dan total keuntungan sebesar Rp 79.500. Pada pedagang pengumpul I dan pengumpul II terdapat berbedaan harga sebesar Rp 80.000 dari harga jualnya. Sedangkan untuk kopi sangrai, total biaya pemasaran sebesar Rp 220.000, margin pemasaran Rp 100.000, dan total keuntungan sebesar Rp 279.500 untuk saluran pemasaran kopi sangrai (roast bean).

Kata kunci : Pemasaran,Kopi Arabika,Agribisnis

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian > S1 Agribisnis
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 22 Oct 2024 07:58
Last Modified: 22 Oct 2024 07:58
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1777

Actions (login required)

View Item View Item