PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PT. JASA RAHARJA (PERSERO) KOTA SOLOK

Arabi, Musa (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KOMUNIKASI TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA PT. JASA RAHARJA (PERSERO) KOTA SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
M24 007 MUSA ARABI_w.pdf

Download (817kB)

Abstract

Berdasarkan survey awal kualitas jasa PT Jasa Raharja saat ini dapat dilihat dari fakta di lapangan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan oleh karyawan perusahaan dalam menghadapi pengguna jasa belum optimal tentang koordinasi terhadap pihak kepolisian karena beberapa persyaratan sebagai proses klaim jaminan sosial yang mengharuskan adanya laporan polisi jika terjadi kecelakaan. Selain itu adalah kegiatan sosialisasi terhadap masyarakat yang masih belum maksimal dikarenakan terdapat masyarakat yang tidak memahami proses dalam berkomunikasi sehingga terkadang masyarakat kurang mendapatkan informasi dari pihak Jasa Raharja Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Komunikasi terhadap Kepuasan Pengguna Jasa PT. Jasa Raharja (Persero) Kota
Solok. Jenis penelitian menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah primer melalui penyebaran kuesioner dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara accidental sampling, yaitu sebanyak 93 orang.
Hasil penelitian menunjukkan secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna Jasa nilai t hitung lebih besar dari t tabel yaitu 4,232 > 1,9863, dan nilai signifikannya 0,000 < 0,05 dan komunikasi berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna Jasa nilai t hitungnya juga lebih besar dari t tabel yaitu 3,915 > 1,9863 dan nilai tidak signifikasinya 0,000 < 0,05. Berdasarkan dari uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 123,649 dan nilai Ftabel sebesar 3,13. Hal ini menyatakan bahwa secara bersamaan atau simultan kualitas pelayanan dan komunikasi berpengaruh positif terhadap Kepuasan Pengguna Jasa PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Solok

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Komunikasi dan Kepuasan Pengguna
Jasa

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Manajemen > Manajemen (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 19 Jul 2024 04:04
Last Modified: 24 Oct 2024 09:28
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1411

Actions (login required)

View Item View Item