PENGARUH MINAT BACA DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK

Anjany, Noviya (2023) PENGARUH MINAT BACA DAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 KOTA SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PE23 005 NOVIYA ANJANY_watermark_removed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PE23 005 NOVIYA ANJANY_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kota Solok. Hal ini diduga karena rendahnya Minat Baca dan Sumber Belajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji, 1) Pengaruh Minat Baca terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok, 2) Pengaruh Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok, 3) Pengaruh Minat Baca dan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok, yaitu sebanyak 209 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling, yaitu sebanyak 137 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Kota Solok. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Tidak Terdapat pengaruh yang positif antara Minat Baca terhadap Hasil Belajar IPS, dimana diperoleh thitung<ttabel = yaitu (-0,165<1,65605). 2) Tidak Terpengaruh secara parsial antara Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar IPS, dimana diperoleh thitung<ttabel = yaitu (- 1,006<1,65605). 3) Tidak Terdapat pengaruh signifikan Minat Baca dan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar siswa. Dimana Minat Baca dan Sumber Belajar mempunyai nilai sebesar (0,737<3,91) sedangkan nilai Fhitung<Ftabel. Sehingga tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara Minat Baca dan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 5 Kota Solok dengan taraf signifikan α=5%.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh secara parsial antara minat baca terhadap hasil belajar siswa, dan tidak terdapat pengaruh secara parsial antara sumber belajar terhadap hasil belajar, serta tidak terdapat pengaruh secara simultan antara minat baca dan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa. Saran dalam penelitian ini yaitu agar guru mampu menumbuhkan minat siswa terhadap membaca buku pelajaran serta dapat menggunakan beragam media pelajaran melalui pemanfaatan sumbersumber belajar yang ada sehingga hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai.

Kata kunci: Minat Baca, Sumber Belajar, Hasil Belajar IPS.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 29 May 2024 06:48
Last Modified: 29 May 2024 06:48
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1367

Actions (login required)

View Item View Item