Agustika Rahayu, Wila (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMP NEGERI 4 KUBUNG. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Text
PE23 003 Wila Agustika Rahayu_watermark_removed.pdf Download (2MB) |
|
Text
PE23 003 Wila Agustika Rahayu_watermark.pdf Restricted to Repository staff only Download (40MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah SMP Negeri 4 Kubung mengimplementasikan kurikulum merdeka pada tahun pertama. Kurikulum tersebut terdapat pembelajaran berbasis projek atau dikenal dengan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pendidik yang terlibat belum semuanya memahami pelaksanaannya sehingga timbulnya perbedaan persepsi antara pendidik. Selain itu, terjadinya kemunduran karakter pada diri peserta didik yang perlu di tingkatkan. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis implementasi pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 4 Kubung.
Jenis penelitian yaitu kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Metode yang digunakan ialah metode naturalistik. Informan dalam penelitian yaitu pengawas sekolah, kepala sekolah, wakil kurikulum, tim fasilitator, dan peserta didik kelas VII, serta mitra P5. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Berdasarkan penelitian ditemukan bahwa implementasi di SMP Negeri 4 Kubung memiliki 4 tahapan yaitu 1) Perencanaan P5 di SMP Negeri 4 Kubung terdiri dari pembentukan tim P5 melalui rapat; identifikasi kesiapan satuan pendidikan dikategorikan berkembang; dimensi P5 yaitu Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan YME dan Berakhlak Mulia, Bergotong Royong, Bernalar Kritis, dan Mandiri, serta Kreatif; tema projek ada 3 yaitu Kearifan Lokal, Bangunlah Jiwa dan Raganya, dan Kewirausahaan; Alokasi waktu sebanyak 360 JP per tahun; modul projek dengan komponen pokok profil, tujuan, aktivitas, dan asesmen; rancangan asesmen terdiri dari formatif dan sumatif. 2) Pelaksanaan P5 di SMP Negeri 4 Kubung terdiri mengawali kegiatan dengan pengenalan dan konstektual; mengoptimalkan pelaksanaan melalui aksi pada tema kearifan lokal berupa membuat batik alas meja, tema Bangunlah Jiwa dan Raganya berupa membuat poster tentang kebersihan dan kesehatan, dan Kewirausahaan berupa mengolah umbi-umbian menjadi makanan; menutup P5 dengan perayaan projek melalui panen karya dan market day. 3) Penilaian P5 di SMP Negeri 4 Kubung terdiri mengoleksi asesmen dengan mengumpulkan foto-foto, karya peserta didik, dan observasi pendidik,; mengolah asesmen dengan menggabungkan asesmen formatif dan sumatif melalui rubrik penilaian yang kategorikan mulai berkembang, sedang berkembang, berkembang sesuai harapan, sangat berkembang; pelaporan P5 dengan menyusun rapor yang dibagikan sekali setahun pada semester genap. 4) Evaluasi P5 di SMP Negeri 4 Kubung dilakukan melalui peninjaun dari pengawas sekolah, dan rapat Selain itu, melakukan tindak lanjut kegiatan P5 berupa melanjutkan kegiatan membatik pada tema kearifan lokal untuk P5 kedepannya.
Kata Kunci : Pembelajaran, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Education > L Education (General) Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Admin Pustaka |
Date Deposited: | 29 May 2024 06:27 |
Last Modified: | 29 May 2024 06:27 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1363 |
Actions (login required)
View Item |