PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUBUNG

Khairi, Ummul (2022) PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 KUBUNG. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PE22 007 Ummul Khairi_watermark_removed.pdf

Download (2MB)
[img] Text
PE22 007 Ummul Khairi_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kubung. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) Pengaruh kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kubung. 2) Pengaruh perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kubung. 3) Pengaruh kebiasaan belajar melalui perhatian orang tua terhadp motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kubung. 4) Pengaruh kebiasaan belajar dan perhatian orang tua secara simultan terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kubung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kubung, yaitu 100 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknikSlovin, yang diambil dari siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kubung, yang berjumlah 80 orang. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa, dimana diperoleh thitung >ttabel yaitu 9,263>1,668. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, dimana diperoleh thitung>ttabel yaitu 3,155 > 1,668. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar melalui perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, dimana diperoleh thitung >ttabel yaitu 3,40 > 1,668. 4) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kebiasaan belajar dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa, dimana diperoleh Fhitung>Ftabel yaitu 61,557 > 3,11 dengan taraf signifikan α= 5%. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa terdapatpengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar terhadap motivasi belajar siswa dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial antara perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa dan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kebiasaan belajar melaluiperhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa serta terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara simultan antara kebiasaan belajar dan perhatian orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Kubung.
Saran dalam penelitian ini yaitu agar siswa lebih dapat mengoptimalkan kebiasaan belajar yang baik sehingga memicu semangat dalam mengikuti pembelajaran. Bagi guru, wali kelas, dan sekolah agar mengarahkan siswa lebih dapat mengoptimalkan cara belajar siswa yang baik serta memberikan motivasi kepada siswa agar adanya gairah belajar dalam diri siswa dan tujuan pembelajaran mudah dicapai. Bagi orang tua lebih meningkatkan perhatian serta pengawasan terhadap cara belajar anak.

Kata Kunci: Kebiasaan Belajar, Perhatian Orang Tua dan Motivasi Belajar

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 29 May 2024 04:27
Last Modified: 29 May 2024 04:27
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1360

Actions (login required)

View Item View Item