ANALISIS KESIAPAN GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 2 KOTA SOLOK

Asrat, Silvia (2022) ANALISIS KESIAPAN GURU IPS DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA MASA PANDEMI DI SMP NEGERI 2 KOTA SOLOK. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PE22 006 SILVIA ASRAT_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img] Text
PE22 006 SILVIA ASRAT_watermark_removed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Analisis kesiapan guru dalam melakukan pembelajaran masih kurang, dimana pengetahuan dan keterampilan guru terhadap teknologi digital yang menunjang proses pembelajaran, keterbatasan pengalaman pembelajaran online, proses pembelajaran yang selama ini dilakukan sebelum pandemi tentunya membuat guru sangat minim dalam pembelajaran secara online. Disamping itu kurangnya sarana dan prasarana seperti laptop dan kuota internet yang memadai antara guru dan siswa membuat proses pembelajaran online kurang efektif dari yang diharapkan, kesulitan guru dalam mempersiapkan materi ajar terutama dalam menggabungkan beberapa jenis sumber belajar seperti dokumen, gambar, video, audio dalam pembelajaran yang akan disampaikan kepada siswa, terbatasnya waktu dalam menyampaikan materi pelajaran, kurangnya interaksi antara guru dan siswa dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga tujuan pembelajaran kurang tercapai. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesiapan dan kendala Guru IPS dalam Pembelajaran Jarak Jauh pada masa pandemi di SMP Negeri 2 Kota Solok. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian bahwa Kesiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi pada umumnya guru siap, terutama dalam kesiapan secara fisik, mental dan emosional, kebutuhan atau motif tujuan dan keterampilan, pengetahuan yang telah dipelajari guru dalam pelaksanaan pembelajaran telah disusun tujuan pembelajaran, RPP daring, materi ajar dengan memanfaatkan alat elektronik, HP, waktu yang tersedia dalam penerapan pembelajaran daring disesuaikan dengan model pembelajaran daring sehingga mengelola pembelajaran dan penerapan pembelajaran daring dapat terlaksana sesuai dengan program yang telah disusun oleh pemerintah. Kendala guru dalam mengoptimalkan pembelajaran jarak jauh di SMP Negeri 2 Kota Solok diantaranya tidak semua siswa memiliki media belajar seperti handphone yang bisa digunakan untuk belajar daring sehingga beberapa siswa tidak dapat mengikuti pembelajaran online dan keterbatasan kuota siswa karena keadaan ekonomi orang tua yang berbeda sehingga tidak mampu memenuhi kebutuhan belajar daring.

Kata Kunci : Kesiapan Guru, Pembelajaran Jarak Jauh

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Ilmu Ekonomi > Ilmu Ekonomi (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 28 May 2024 09:45
Last Modified: 28 May 2024 09:45
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1359

Actions (login required)

View Item View Item