THE ANALYSIS OF QUESTIONS DESIGNED BY ENGLISH TEACHER IN DAILY QUIZ (The Descriptive Research at Eight Grade of SMPN 3 Solok in 2022/2023 Academic Year)

Swita Syarma, Indira (2023) THE ANALYSIS OF QUESTIONS DESIGNED BY ENGLISH TEACHER IN DAILY QUIZ (The Descriptive Research at Eight Grade of SMPN 3 Solok in 2022/2023 Academic Year). skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PBIG23 001 Indira Swita Syarma_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img] Text
PBIG23 001 Indira Swita Syarma_watermark_removed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pertanyaan adalah suatu proses merencanakan atau menentukan suatu gagasan, membuat objek baru untuk menginginkan informasi sehingga mendapatkan jawaban atas hasil yang akan diterima. Salah satu bentuk pertanyaan yang dirancang oleh guru adalah kuis. Kuis adalah penilaian cepat dan informal tentang pengetahuan siswa. Pemberian kuis menjadi tolak ukur berhasil tidaknya murid dan guru dalam proses pembelajaran. Hal ini terkait dengan bagaimana cara guru merancang pertanyaan yang baik. Bentuk pertanyaan yang baik adalah soal yang sesuai dengan Taksonomi Bloom agar tujuan pembelajaran tercapai maksimal.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pertanyaan yang dirancang oleh guru bahasa Inggris dalam kuis harian di kelas delapan SMPN 3 Solok tahun pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris kelas VIII SMPN 3 Solok, sedangkan objek penelitian ini adalah kuis bahasa Inggris harian kelas VIII SMPN 3 Solok tahun ajaran 2022/2023 yang sudah digunakan oleh guru. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan telaah dokumen. Dalam telaah dokumen ini, peneliti mengumpulkan silabus, RPP dan kuis harian yang sudah digunakan guru.Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis untuk menjawab pertanyaan penelitian.
Dalam soal kuis harian terdapat 10 soal, 5 soal pilihan ganda dan 5 soal esai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa soal-soal ulangan harian kelas VIII yang dibuat oleh guru Bahasa Inggris SMPN 3 Solok mengikuti Kompetensi Dasar yang telah dipelajari, namun soal-soal ulangan harian yang dirancang tidak mengikuti tingkatan kata kerja operasional Taksonomi Bloom pada aplikasi (C3 ). Selain itu, untuk jenis soal dan tingkatan Taksonomi Bloom, guru cenderung menggunakan soal pemahaman (C2). Hal ini terlihat dari 10 soal, 5 diantaranya menggunakan jenis soal pemahaman (C2) pada tingkat taksonomi Bloom, sedangkan untuk pengetahuan (C1) terdapat 4 soal dan sintesa (C5) dalam 1 soal. Melalui penelitian ini, guru disarankan untuk merancang atau membuat soal kuis sesuai dengan apa yang sudah dirancang dalam RPP sehingga lebih mengklasifikasikan setiap jenis soal menurut Taksonomi Bloom.

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Bahasa > Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 28 May 2024 09:09
Last Modified: 28 May 2024 09:09
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1354

Actions (login required)

View Item View Item