ANALISIS PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA SOLOK TAHUN AJARAN 2021/2022

Purnama Sari, Anisa (2023) ANALISIS PENGGUNAAN KAIDAH KEBAHASAAN PADA TEKS FABEL SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 KOTA SOLOK TAHUN AJARAN 2021/2022. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PBI23 002 Anisa purnama_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22MB)
[img] Text
PBI23 002 Anisa purnama_watermark_removed.pdf

Download (868kB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah menganalisis penggunaan kaidah kebahasaan pada teks fabel siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kota Solok Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini difokuskan pada temuan, bentuk dan fungsi penggunaan ejaan bahasa Indonesia tentang ketepatan dan ketidaktepatan pemakaian huruf dan tanda baca pada kalimat dalam teks fabel siswa. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan analisis penggunaan kaidah kebahasaan pada teks fabel siswa yaitu pemakaian huruf dan tanda baca ditinjau dari segi ketepatan dan ketidaktepatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yaitu metode dengan langkahlangkah pengumpulan data dan kesimpulan. Langkah-langkah pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: peneliti meminta hasil kerja siswa kepada guru bidang studi bahasa Indonesia. Langkah-langkah dalam menganalisis data: (1) Peneliti membaca teks fabel siswa, (2) Peneliti menggarisbawahi dan memberi pengkodean sesuai dengan instrumen penelitian, (3) Menginvetarisasikan data dalam tabel penelitian format 1, (4) Mengklasifikasikan data dalam tabel instrumen penelitian format 2, (5) Menganalisis data. Dalam temuan penelitian, ditemukan data mengenai analisis kaidah kebahasaan dari segi ketepatan dan ketidaktepatan berjumlah 396 data. Dari segi ketepatan sebanyak 301 data dan segi ketidaktepatan 95 data. Berdasarkan dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan kaidah kebahasaan yang paling menonjol digunakan adalah dari segi ketepatan. Hal ini disebabkan karena pemakaian kaidah kebahasaan selalu terjadi dalam setiap tulisan pada teks fabel. Sedangkan ada juga yang lebih dominan terjadi pada segi ketidaktepatan kaidah kebahasaan yaitu pada pemakaian huruf kapital yang seharusnya menggunakan huruf kecil.

Kata Kunci: Kaidah Kebahasaan, Teks Fabel, Ejaan Bahasa Indonesia (EBI)

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Education > L Education (General)
Bahasa > Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 28 May 2024 06:25
Last Modified: 28 May 2024 06:26
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1341

Actions (login required)

View Item View Item