PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TIGO LURAH

Darwila, Rahma (2022) PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA TERPADU SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TIGO LURAH. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.

[img] Text
PB22 008 RAHMA DARWILA_watermark_removed.pdf

Download (1MB)
[img] Text
PB22 008 RAHMA DARWILA_watermark.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Latar belakang penelitian bahwa hasil belajar siswa sebagian besar masih dibawah KKM, hal ini disebabkan karena siswa masih belum mematuhi aturan yang diterapkan sekolah, masih ada siswa tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, meninggalkan kelas pada saat jam pelajaran berlangsung, dan mengobrol dengan teman sebangku saat guru menyampaikan materi pelajaran. Selain itu motivasi belajar siswa masih kurang, terlihat siswa dalam proses belajar mengajar tidak bersemangat dalam mengikuti pelajaran, siswa cenderung pasif dalam menerima penjelasan dari guru dan kurangnya kemauan dan semangat siswa dalam mengerjakan soal latihan yang diberikan guru. Tujuan penelitin ini untuk mengetahui pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPA Terpadu siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tigo Lurah. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian menggunakan teknik total sampling dari siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah yang berjumlah 60 orang. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik analisis Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial disiplin belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dimana nilai thitung > ttabel yaitu 3,363 > 2,00172, dan nilai signifikannya 0,000 < 0,05 dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dimana nilai t > ttabel yaitu 5,533 > 2,00172, dan nilai signifikannya 0,000 < 0,05. Berdasarkan dari uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 31,294 > Ftabel sebesar 3,16 dengan tingkat . Hal ini menyatakan bahwa secara bersamaan atau simultan disiplin dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tigo Lurah Berdasarkan penelitian ini peneliti menyarankan agar guru meningkatkan dan memperhatikan kedisiplinan dan motivasi belajar siswa dengan memberikan latihan-latihan yang diberikan guru lewat pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif agar siswa mempunyai disiplin dan motivasi yang ditimbulkan dari proses pembelajaran guru di dalam kelas.

Kata Kunci : Disiplin, motivasi, hasil belajar siswa

Item Type: Thesis (skripsi)
Subjects: Science > Biology (Biologi, Imu Hayat)
Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Pustaka
Date Deposited: 28 May 2024 04:25
Last Modified: 28 May 2024 09:45
URI: http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1338

Actions (login required)

View Item View Item