Sari, Agus Purnama (2019) Pengaruh Profesionalisme dan Pelayanan Aparatur Terhadap Kepuasan Masyarakat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kota Solok. skripsi thesis, Universitas Mahaputra Muhammad Yamin.
Full text not available from this repository.Abstract
Kepuasan masyarakat adalah faktor utama yang harus diperhatikan oleh penyedia pelayanan publik, karena kepuasan masyarakat dapat menentukan keberhasilan pemerintah dalam menyelenggarakan pelayanan public secara professional. Penyedia pelayanan di dalam pelayanan publik adalah pegawai instansi pemerintah yang melaksanakan tugas pelayanan publik sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang telah diamanatkan dan penerima pelayanan publik adalah orang, masyarakat, lembaga instansi pemerintah dan dunia usaha.
Lokasi penelitian ini dilakukan pada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kota Solok. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi penelitian ini seluruh pengguna layanan berjumlah 1.000 orang. Dalam penelitian ini penulis mengambil teknik penarikan sampel yaitu secara acak atau sampel ramdom yaitu sebanyak 9! orang pengguna layanan.
Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda yang dilakukan diperoleh Y 6,574 + 0,512X1 + 0,334X2 artinya bahwa variabel independen yaitu profesionalisme dan pelayanan secara bersama-sama memiliki hubungan yang positif terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kota Solok. Hasil uji f diperoleh nilai fhitung sebesar 78,946 dan nilai futet 3,10. Artinya dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa nilai fhitung fiabel ( 78,946 > 3,10) dinyatakan bahwa profesionalisme mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan masyarakat di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu Pintu Kota Solok. Hasil nilai angka R² (R Square) sebeasar 0,642 atau sebesar 64,2% Hal ini menunjukkan profesionalisme dan pelayanan berpengaruh terhadapkepuasan masyarakat pada Dinas Penanaman Modal dar Pelayanan Satu Pintu Kota solok, sedangkan sisanya sebesar 35,8% dipengaruh oleh variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Profesionalisme, Pelayanan, dan Kepuasan Masyarakat.
Item Type: | Thesis (skripsi) |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Manajemen Hubungan Masyarakat Manajemen > Manajemen Kualitas Manajemen > Manajemen (General) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > S1 Manajemen |
Depositing User: | Operator |
Date Deposited: | 22 Nov 2024 07:14 |
Last Modified: | 22 Nov 2024 07:14 |
URI: | http://repository.ummy.ac.id/id/eprint/1063 |
Actions (login required)
View Item |